BREAKING NEWS
 

Hanya Di Negara Ini, Pelepasan Vaksin Covid Ada Upacaranya...

Reporter & Editor :
APRIANTO
Kamis, 7 Januari 2021 07:30 WIB
Video upacara pelepasan vaksin Covid-19 viral dan bikin heboh di jagat dunia maya. (Foto: Twitter)

 Sebelumnya 
Dalam Negara Teater, Geertz menjelaskan, negara adalah suatu pertunjukan atau teater yang dipakai untuk mendramatisasi obsesi-obsesi kelas yang berkuasa. “Geertz sudah lama menjelaskan apa yang dia sebut dengan istilah ‘negara teater’. Saya sendiri nggak kaget. Model begini banyak. Sudah tradisi,” papar Burhan.

Ia lalu me-retweet kicauan followernya di akun @Mr_Ackrowi. “Ini masa sulit, masa berduka, masa kritis. Kenapa seolah jadi ajang selebrasi dan kemegahan,” cuitnya.

Baca juga : Bogor Bakal Distribusikan 10.185 Vaksin Covid

Epidemiolog dari Universitas Indonesia, Pandu Riono ikut geleng-geleng kepala melihat video itu. Pandu menyindir, negara lebih mementingkan upacara daripada memikirkan strategi vaksinasi yang baik.

“Harapan atau kegembiraan yang berlebihan terhadap vaksin dalam suasana kedukaan yang panjang karena kasus terus naik, rumah sakit kolaps, kematian terus naik. Upacara yang disusun cermat lebih penting dibandingkan memikirkan strategi vaksinasi agar vaksin bermanfaat optimal,” sentilnya di akun @drpriono1.

Baca juga : Menkes Inggris: Varian Covid Afrika Selatan Lebih Berbahaya

Akun @appasihren mengaku tak kaget dengan acara tersebut. Kata dia, di Indonesia, apa-apa harus ada seremoninya. Ia lalu teringat sejumlah seremoni yang dibikin eks Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto. Dari awal evakuasi WNI dari Wuhan sampai pasien sembuh dari Covid, selalu ada upacaranya. “Kalau nggak ada upacara dan menampilkan sosok pejabat, kayaknya nggak sah,” sindirnya

Mendapat banyak kritik, Bio Farma angkat suara. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 PT Bio Farma, Bambang Herianto memastikan, kritikan itu akan menjadi bahan evaluasi. “Tentu ini akan menjadi masukan bagi kami,” kata Bambang, kemarin. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense