BREAKING NEWS
 

Kasus Suap Benih Lobster

KPK Garap Kepala Badan Riset dan SDM KKP Sjarief Widjaja

Reporter & Editor :
OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Senin, 22 Februari 2021 10:56 WIB
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Sjarief Widjaja dalam penyidikan kasus suap ekspor benih lobster atau benur.

Sjarief dijadwalkan diperiksa sebagai saksi bagi tersangka Edhy Prabowo, eks Menteri Kelautan dan Perikanan. mantan Menteri KKP, Edhy Prabowo.

Baca juga : Kasus Bansos, KPK Geledah Dua Kantor Perusahaan Swasta

"Yang bersangkutan dipanggil menjadi saksi untuk tersangka EP," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri lewat pesan singkat, Senin (22/2).

Adsense

Selain Sjarief, KPK memanggil lima saksi lain yang juga akan diperiksa untuk tersangka Edhy. Mereka adalah dua karyawan swasta yakni Dina Susiana dan Sahridi Yanopi, dua notaris PPAT, Dhody Ananta Rivandi Widjajaatmadja dan Selasih J Rusma notaris PPAT, serta mahasiswa bernama M Yunus Yusniani.

Baca juga : Dari Dua Pejabat Hyundai Engineering, KPK Gali Pemberian Suap Kepada Eks Bupati Cirebon Sunjaya

Dalam kasus ini, Edhy Prabowo diduga menerima uang hasil suap terkait izin ekspor benih lobster senilai Rp 3,4 miliar dan USD 100 ribu melalui PT Aero Citra Kargo (ACK).

PT ACK diduga menerima uang dari beberapa perusahaan eksportir benih lobster karena ekspor hanya dapat dilakukan melalui perusahaan tersebut dengan biaya angkut Rp 1.800 per ekor.

Baca juga : KPK Garap Lagi Komisaris PT RPI Daning Saraswati

Salah satunya dari PT Dua Putra Perkasa yang melakukan transfer uang sejumlah Rp 731.573.564 agar memperoleh penetapan kegiatan ekspor benih lobster.

PT ACK tercatat dimiliki Amri dan Ahmad Bahtiar. Namun KPK menduga, Amri dan Bahtiar merupakan nominee dari pihak Edhy Prabowo dan Yudi Surya Atmaja. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense