BREAKING NEWS
 

Kalau Mudik Nggak Dilarang

Si Corona Bisa Ikutan Pulkam Lho!

Reporter : FAJAR EL PRADIANTO
Editor : FITRIYANA YULIANTI
Senin, 22 Maret 2021 08:40 WIB
Ilustrasi. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah belum memu­tuskan, apakah membolehkan atau melarang mudik warga pada Lebaran tahun ini. Tapi kalau tak dilarang, dikhawatir­kan virus Corona bakal dibawa para pemudik ke desa-desa.

Kekhawatiran itu diungkapkan Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Budi Arie Setiadi. Dia menyebut, para pemudik dari kota, bisa saja membawa virus Corona ke desa. Karena itu, Kemendes PDTT akan melakukan kajian intensif untuk menyikapi arus mudik 2021 ini.

“Jangan sampai pandemi Covid-19 ini justru masuk ke desa. Kemendes PDTT harus bersikap dengan adanya kebijakan ini,” ujarnya, saat menutup Rapat Sinkronisasi Kegiatan Kementerian/Lembaga Kemendes PDTT 2021.

Baca juga : Berkumur Bantu Cegah Penularan

Arie mengingatkan, jika tidak ada upaya bersama mencegah penyebaran Covid-19, pandemi bisa terus me­manjang hingga 2022. “Harus terus melaksanakan protokol kesehatan agar pandemi ini segera berlalu,” imbaunya. Arie juga menyarankan seluruh warga desa harus divaksinasi Covid-19.

Secara terpisah, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Letjen Doni Monardo mengatakan, pemerintah masih akan mendiskusi­kan kebijakan mengenai mudik saat Lebaran mendatang. “Jadi bersabar dulu,” pintanya.

Adsense

Meski begitu, Doni meng­ingatkan, setiap ada libur pan­jang dan peningkatan mobilitas masyarakat, kasus baru selalu melonjak tajam. Ini terjadi da­lam beberapa momen libur panjang pada tahun lalu.

Baca juga : Masker Dan Hand Sanitizer Ya

Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Brigjen TNI (Purnawirawan) Alexander K Ginting menegaskan, dilarang atau tidaknya mudik, keselamatan rakyat tetap nomor satu. “Dalam rangka menjaga keselamatan dan kesehatan masyarakat, apapun taruhannya, keselama­tan masyarakat menjadi priori­tas kami,” ujar Alexander da­lam diskusi virtual, kemarin.

Dalam waktu dekat ini, Satgas Covid-19 memasti­kan masih akan melakukan koordinasi lagi terkait keputu­san mudik. Dia pun meminta masyarakat untuk bersikap bijak. Alex mengingatkan, sejauh ini peningkatan kasus selalu dipicu oleh momen libur panjang.

Dari data Satgas Covid-19 kejadian di periode sebelum­nya, empat kali liburan secara berturut-turut dalam waktu dua minggu terjadi kenaikan kasus antara 70 persen hingga 90 persen. Hal ini dia ingatkan tidak boleh terulang.

Baca juga : Corona Semakin Tidak Bisa Berkutik

“Kendati masyarakat merin­dukan mudik, Satgas Covid-19 tetap memperhatikan bahwa keamanan dan keselamatan masyarakat adalah segala-galanya,” tegasnya.

Alexander juga mengingatkan, pihaknya bersama pemerintah terus memperhati­kan pemulihan kesehatan, tapi tanpa mengabaikan pemulihan ekonomi. Begitu juga pemuli­han ekonomi harus memper­hatikan pemulihan kesehatan. “Karena itu, tentu pelonggaran mobilisasi ini harus jadi catatan bersama,” terangnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense