Dark/Light Mode

Kepatuhan Meningkat, Kasus Positif Turun

Ingat, Pandemi Belum Berakhir Tetap Disiplin Protokol Kesehatan

Minggu, 21 Maret 2021 05:33 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid- 19, Prof Wiku Adisasmito. (Foto :  Istimewa).
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid- 19, Prof Wiku Adisasmito. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Mayoritas kabupaten/kota saat ini berada di zona kuning. Semoga lekas berubah zona hijau.

Perkembangan peta zonasi protokol kesehatan dalam satu pekan terakhir masih membaik. Mayoritas daerah dari 423 kabu­paten/kota berada di zona kuning sekitar 76 - 90 persen.

“Kepatuhan (masyarakat) ini pun berdampak pada penurunan kasus positif dalam beberapa minggu terakhir,” ujar Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid- 19, Prof Wiku Adisasmito di Graha BNPB yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (18/3).

Baca juga : MUI Dorong Pemerintah Maksimalkan Pakai Vaksin Halal

Berdasarkan data, dalam sepekan terakhir, sebanyak 144 kabupaten/kota memiliki ke­patuhan memakai masker di level 76 sampai 90 persen. Selain itu, sebanyak 115 kabupat­en/kota memiliki kepatuhan memakai masker di level 91 - 100 persen (zona hijau).

Selanjutnya, masih dari zona kepatuhan memakai masker, sebanyak 88 kabupaten/kota memiliki kepatuhan di level 61 – 75 persen atau zona oranye. Serta sebanyak 76 kabupaten/kota dibawah 60 persen (zona merah).

Data kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan sebanyak 167 kabupaten/ kota memiliki tingkat kepatuhan sebesar 76 – 90 persen (zona kuning). Sebanyak 101 kabupaten/kota memiliki tingkat kepatuhan 91 – 100 persen (zona hijau).

Baca juga : Bos KPAI Tidak Mendukung Sekolah Digelar Tatap Muka

Sebanyak 86 kabupaten/kota memiliki tingkat kepatuhan di antara 61 – 75 persen (zona oranye) dan sebanyak 69 kabupaten/ kota memiliki tingkat kepatuhan di bawah 60 persen (zona merah).

“Secara umum, mayoritas kabupaten/kota sudah cukup patuh dalam memakai masker serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Tentunya hal ini adalah capaian positif,” jelas Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UIini.

Wiku menegaskan, kepatuhan masyarakat berkontribusi terhadap penurunan kasus positif Covid-19 selama beberapa minggu terakhir. Dia berharap, dengan bertambahnya daerah yang masuk zona hijau, angka kasus positif Covid-19 baru dapat semakin menurun.

Baca juga : Semoga Menkes Tak Salah Langkah

“Saya meminta daerah yang sudah patuh, dapat terus mempertahankan kepatuhannya. Bagi daerah lainnya, yang tingkat kepatu­hannya masih rendah, harus kembali diting­katkan,” harap dia.

Akun Gilang Negara mengatakan, melihat data harian secara nasional, memang kasus positif sudah menurun. Yaitu di angka 5 ribu-6 ribu. Sementara, orang yang dites juga mening­kat di angka 46 ribuan. “Alhamdulillah, semoga terus menurun,” harap dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.