BREAKING NEWS
 

Sepekan Di Atas 5 Ribu

Corona Lebaran Mulai Terasa Menakutkannya

Reporter & Editor :
APRIANTO
Senin, 24 Mei 2021 07:00 WIB
Ketua Sub Bidang Data dan Informasi Teknologi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (STPC-19) Dewi Nur Aisyah saat rapat koordinasi Satgas Covid-19 yang digelar secara virtual, Minggu (23/5/2021). (Foto: Humas BNPB)

 Sebelumnya 
“Ini cenderung mendukung potensi kenaikan kasus,” tegasnya. Kata Sonny, kepatuhan sangat dipengaruhi pengetahuan masyarakat dan motivasi masyarakat.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo turut merasakan lonjakan kasus pasca Lebaran. Ia meminta rumah sakit bersiaga, dan meminta semua pihak tidak lengah. Langkah antisipasi sudah dilakukan dengan menutup 178 destinasi wisata di Jawa Tengah agar tidak ada kerumunan wisatawan.

Baca juga : Kemenangan Harga Mati

“Ada 7 kabupaten kota yang menutup seluruh DTW (destinasi tempat wisata) yaitu Kabupaten Magelang, Kebumen, Wonogiri, Demak, Semarang, Batang dan Kota Pekalongan. Ada 13 daerah yang menutup sebagian,” ungkap kader banteng itu.

Di Ibu Kota, lonjakan kasus karena klaster Lebaran juga terjadi. Di daerah Cipayung, Jakarta Timur, hampir 1 RT terpapar Corona. Menurut Wagub DKI, Ahmad Riza Patria, penyebabnya karena menggelar silaturahmi saat Lebaran. “Kami minta masyarakat di tempat tersebut diisolasi, hati-hati, dan juga seluruh warga DKI lebih berhati-hati,” ucapnya.

Baca juga : Gerakkan Literasi, Perpusnas Gelar Pameran Lukisan Menjawab Pandemi

Epidemiologi Universitas Indonesia, Pandu Riono meminta pemerintah bersungguh-sungguh mengantisipasi ledakan kasus Covid pasca Lebaran. Selain mengkonsolidasikan perangkat daerah, masyarakat juga harus diikutsertakan. Misalnya, masyarakat perlu tahu dan melaporkan penyebaran kasus di wilayahnya.

Pandu yakin, jika diedukasi, masyarakat mampu menahan aktivitasnya agar terhindari dari Covid-19. Tentu dengan contoh teladan yang baik dari kepala daerahnya. Seperti mengurangi mobilitas, menghindari kerumunan, dan menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga : Bebas Covid, Suasana Lebaran di Selandia Baru Meriah dan Mewah

Di dunia maya, lonjakan kasus Corona dalam sepekan terakhir ini membuat khawatir banyak orang. “Tetap waspada kawan, bakalan ada klaster Lebaran 2021 dah ini mah,” cuit @AndinHasanah. “Agak kuatir juga ya ini habis klaster taraweh, datang klaster lebaran, lalu klaster kondangan syawal,” cuit @tralalalina. “Ngeri,” timpal @anjasmara_ferry. “Kok Corona makin meningkat, negara gue malah mau buka sekolahan ya? Bandara juga dibuka, even ke Bali pun,” timpal @thefolken.

“Entar kalo Corona meningkat rakyat ini ya bandel, nggak denger dan mematuhi peraturan nananana,” sesal @coraliabali. “Hiyaaa pemudik positif Corona bermunculan. Aku akan praktek saat corona meningkat,” kata @ivejajan. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense