BREAKING NEWS
 

Renungan Suci Di Kalibata, Presiden Doakan Para Pahlawan

Reporter : NOVALLIANDY
Editor : MUHAMAD FIKY
Selasa, 17 Agustus 2021 08:12 WIB
Presiden Jokowi memimpin apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama, Kalibata, Jakarta, pada Selasa, (17/8). Foto: BPMI Setpres/Rusman

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memimpin apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama, Kalibata, Jakarta, Selasa, (17/8) pukul 00.00 WIB. 

Apel tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Tibanya di lokasi, Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin melakukan penghormatan di gerbang TMP Kalibata.Selanjutnya, Presiden selaku inspektur upacara memimpin apel kehormatan dan renungan suci. 

Baca juga : Pembangunan PLTS Atap Mau Digeber, Perhatikan 4 Hal Ini

Dalam sambutannya, Presiden memberi penghormatan kepadatertinggi bagi 10.190 pahlawan yang telah mengabdi dan mengorbankan jiwa raga untuk membela Tanah Air dan meneruskan perjuangan.

Presiden memerinci, sebanyak 9.192 pahlawan dari TNI dan Polri, 892 pahlawan dari Badan Perjuangan, 63 pahlawan dari tokoh nasional, dan 43 pahlawan tidak dikenal bersemayam di TMP Kalibata.

Adsense

Presiden juga memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang tak dikenal, baik nama maupun tempatnya, dari seluruh pelosok Indonesia. 

Baca juga : Ketagihan Judi, Dosen Jual Nilai Selama 7 Tahun

Jokowi juga turut mendoakan agar para pahlawan diberikan tempat yang layak di sisi-Nya.

Presiden menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridaan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa, semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Baca juga : Presiden Afghanistan Cari Bantuan Panglima Perang

Setelah itu, Presiden memimpin prosesi mengheningkan cipta. Dan ditutup denga doa bersama yang dipandu oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Presiden kemudian melakukan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan sebelum meninggalkan TMP Kalibata. [MFA]


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense