Dark/Light Mode

Meme Pesawat Presiden Bertebaran

Dunia Maya Penuh Canda-Tawa

Kamis, 5 Agustus 2021 07:30 WIB
Pesawat Kepresidenan RI, A-001 Boeing 737-8U3 (BBJ2). (Foto: IG @adhimas_aviation)
Pesawat Kepresidenan RI, A-001 Boeing 737-8U3 (BBJ2). (Foto: IG @adhimas_aviation)

RM.id  Rakyat Merdeka - Urusan pergantian warna cat Pesawat Kepresidenan-1 atau BBJ2 dari biru langit menjadi merah putih terus berlanjut. Di dunia maya, netizen menanggapi perubahan warna pesawat tersebut dengan perang meme yang bikin tertawa. Linimasa Twitter yang awalnya diisi kicauan perdebatan panas pun, berubah jadi penuh canda tawa.

Sejak pekan lalu, dunia maya didominasi perdebatan perubahan cat pesawat presiden. Sikap warganet terbelah. Ada yang mengritik. Ada juga yang mendukung.

Baca juga : Demokrat-PDIP Panas Lagi

Tapi, tak semua netizen menanggapi perubahan warna pesawat kepresidenan itu, dengan serius. Ada juga yang menanggapinya dengan guyon. Seperti dikicaukan Sam Darma Putra Ginting atau dikenal dengan nama Sammy Notaslimboy. Pelawak tunggal lulusan ITB ini mengatakan, sebenarnya walau warnanya biru, pesawat kepresidenan nggak mirip biru Demokrat. “Warna dan poletnya lebih mirip e-KTP,” cuit @notslimboy, sambil mengunggah foto pesawat kepresidenan yang berwarna biru langit bergaris merah putih dan foto e-KTP yang berwarna biru dengan garis mera putih.

Kicauan tersebut mendapat banyak respons dari pengguna. Sebanyak 3,2 ribu pengguna memberikan tanda suka dan 286 lainnya menuliskan komentar.

Baca juga : Selama PPKM, Baikhati Kebanjiran Ribuan Permintaan Bantuan

Balasan dari netizen tak kalah lucu. Akun @mnasrullah menilai, sepertinya pergantian cat pesawat presiden bukan yang terakhir. “Kayaknya nanti KTP juga ganti harus warna merah. Kaya SIM sekarang yang warna merah,” kicaunya.

“Bentar lagi juga katepe mau diubah warnanya jadi gini,” tulis @aswaja_1972, sambil mengunggah foto KTP yang sudah berganti warna. “Itu bukan merah woy. Itu warnaya oranye,” cuit yang lain. “Besok-besok kalau ada perubahan warna, itu namanya KTP merah putih,” timpal @kurniawanAndi.

Baca juga : Twit Lama Fadjroel Dihidupkan Kembali

Bos Drone Emprit Ismail Fahmi sampai ikutan terbawa suasana guyonan netizen. Awalnya, ia cukup serius membahas soal ini. Ia mengutip paper yang menjelaskan kenapa warna pesawat umumnya putih. Dia menuliskan empat alasan yaitu memantulkan cahaya matahari, biar body tidak lebih panas, warna tidak cepat pudar, mudah terlihat kalau ada retak dan terakhir burung bisa melihat dengan kontras, sehingga tidak ditubruk. Namun, mengamati perbincangam warganet yang lebih banyak guyon, Ismail akhirnya ikutan bercanda. “Pembahasan warna pesawat saya kira sudah ndak produktif, buang2 waktu. Distop aja atu. Mending bahas warna resistor ini. Berguna bagi nusa bangsa, karena mengandung unsur ‘toleransi’,” cuit @ismailfahmi. Ia lalu mengunggah foto pesawat dengan cat belang seperti warna resistor.

Akun @madamaryanda ikut membagikan foto meme pesawat dengan membandingkan dengan foto uang kertas 5 ribuan. “Saya berharap ga cuma pesawat yang jadi warna merah, uang saya pun jadi warna merah semua amiiin..,” ujarnya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.