Dark/Light Mode

Peru Dan Indonesia Rayakan 46 Tahun Persahabatan

Kamis, 12 Agustus 2021 00:33 WIB
Kuasa Usaha Ad Interim Kedutaan Besar Peru, Francisco Gutiérrez Figueroa. (Foto Kedubes Peru)
Kuasa Usaha Ad Interim Kedutaan Besar Peru, Francisco Gutiérrez Figueroa. (Foto Kedubes Peru)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pada 28 Juli 2021, Republik Peru memperingati 200 tahun kemerdekaannya. Itu merupakan peristiwa bersejarah, sekali seumur hidup, untuk kami merenung demi menghadapi tantangan abad ketiga kehidupan di negara kami.

Kemudian hari ini, 12 Agustus 2021, Republik Peru dan Republik Indonesia merayakan 46 tahun hubungan diplomatik. Terlepas dari jarak geografis yang memisahkan, kedua negara telah menikmati persahabatan sejak awal.

Baca juga : Tuduhan Spionase, China Hukum WN Kanada 11 Tahun Penjara

Pendirian Kedutaan Besar Peru di Jakarta pada 1992 dan Kedutaan Besar Indonesia di Lima pada 2002 melambangkan komitmen kedua negara untuk kemitraan jangka panjang yang berkelanjutan.

Peru dan Indonesia berbagi pandangan di banyak bidang agenda global, termasuk pemeliharaan perdamaian dan keamanan internasional. Kedua negara sama-sama menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB pada 2019.

Baca juga : PPKM Diperpanjang, Ini Syarat Terbaru Perjalanan Dalam-Luar Negeri

Kedua negara juga berbagi pandangan yang sama dalam pemajuan demokrasi dan hak asasi manusia, pembelaan terhadap kedaulatan maritim, perang melawan terorisme dan isu perubahan iklim.

Hubungan bilateral di bidang politik sangat baik dan diwujudkan dalam bentuk saling mendukung dalam pencalonan di organisasi internasional dan dalam kontak antar Pemerintah di berbagai tingkatan.

Baca juga : McDonald’s Indonesia Hadirkan Menu Khas Indonesia

Dalam perdagangan juga membuahkan hasil. Selama periode 2020 hingga Mei 2021 (meskipun pandemi) total perdagangan kedua negara meningkat 50,08 persen dari 95,7 juta dolar AS menjadi 143,6 juta juta dolar AS.

Neraca perdagangan meningkat 58,69 persen dari 50,4 juta dolar AS menjadi 79,99 juta dolar AS Ekspor Indonesia ke Peru meningkat 53,05 persen dari 73 juta dolar AS menjadi 111,8 juta dolar AS dan ekspor Peru ke Indonesia meningkat 40,49 persen dari 22,6 juta dolar AS menjadi 31,8 juta dolar AS.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.