BREAKING NEWS
 

Covid Terkendali, Gubernur Koster Siap Menerima Wisman

Reporter : NOVALLIANDY
Editor : MUHAMAD FIKY
Rabu, 13 Oktober 2021 07:59 WIB
Gubernur Bali, Wayan Koster menerima kunjungan Komisi II DPR RI di Ruang Rapat Wisma Sabha Utama, Komplek Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Senin (11/10) (Foto: Humas Setkab/Rara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Bali, Wayan Koster menyampaikan, bahwa mayoritas masyarakat di Bali, telah mendapatkan dosis pertama dan kedua vaksin Covid-19. 

Tak hanya itu, Bali juga siap menerima kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) yang akan dibuka pada Kamis (14/10).
 
“Cakupan vaksinasi 99 persen untuk suntik kesatu, sedangkan suntik kedua mencapai 80 persen. Jadi sudah cukup tinggi. Bali penduduknya 4,3 juta,” ungkap Wayan dalam pertemuan dengan Komisi II DPR RI, di Ruang Rapat Wisma Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Senin (11/10/2021). 

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), per 12 Oktober 2021 cakupan vaksinasi dosis pertama di Bali telah mencapai 99,04 persen, atau 3.372.294 orang sedangkan cakupan dosis kedua 83,06 persen, atau 2.828.136 orang. 

Gubernur Bali mengaku, situasi pandemi di Bali terus membaik. 

“Kasus hariannya sekarang sudah konsisten di angka dua digit, di bawah 100. Pencapaian ini sudah berjalan tiga minggu, jadi cukup konsisten, stabil,” ujarnya. 

Baca juga : Corona Terkendali, Rupiah Ditutup Perkasa

Ditambahkan Wayan, tingkat kesembuhan secara akumulatif sudah mencapai 96 persen, sedangkan kasus aktif sekitar 700 orang. 

“Sebanyak 200 di antaranya ada di rumah sakit, sisanya di isolasi terpusat maupun sedikit ada di isolasi mandiri. Kondisi ini sudah baik,” ujarnya. 

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, pelaksanaan 3T (testing, tracing, dan treatment) juga sudah sesuai dengan target yang ditetapkan oleh Badan Kesehatan Dunia atau WHO. 

Adsense

“Tingkat positivity rate itu sudah satu persen, jauh di bawah standar yang dikeluarkan WHO, yaitu maksimum lima persen,” paparnya. 

Terkait, penerapan protokol kesehatan (prokes), Wayan menyampaikan, bahwa sosialisasi prokes telah dilakukan hingga ke kampung-kampung. 

Baca juga : Covid Terkendali, Arab Saudi Kembali Buka Umrah Untuk Jemaah RI

Menurut survei Kementerian Kesehatan, tertib melaksanakan prokes untuk pemakaian masker, Provinsi Bali itu tertinggi di Indonesia. 

“Sekarang kalau ke kampung-kampung sulit ketemu orang yang tidak masker, dari anak-anak sampai orang tua,” ujarnya. 

Gubernur Bali juga melonggarkan pembatasan kegiatan masyarakat dengan tetap menerapkan protokol yang ketat dan dukungan aplikasi PeduliLindungi. 

“Kami sudah mulai melonggarkan aktivitas masyarakat untuk perekonomian, seperti mulai membuka mall, pasar swalayan, pasar-pasar lainnya, juga warung dengan kapasitas maksimum 50 persen dengan menerapkan prokes ketat. Kemudian hotel juga menerapkan standar CHSE,” ujarnya. 

Selain itu, Ia sudah siap menerima kedatangan wisman yang telah memenuhi syarat yang akan dibuka oleh Pemerintah pada Kamis (14/10).

Baca juga : Kemendagri Ajak Gubernur Komitmen Jalankan Tugasnya

Wayan mengharapkan, dengan mulai dibukanya sejumlah kegiatan ini dapat menggeliatkan perekonomian di provinsi yang 56 persen bertumpu pada sektor pariwisata ini. 

“Mudah-mudahan ekonomi Bali bisa segera pulih kembali setelah 1,5 tahun lebih menderita akibat pandemi Covid-19,” tandasnya. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense