Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemendagri Ajak Gubernur Komitmen Jalankan Tugasnya

Jumat, 8 Oktober 2021 15:06 WIB
Kemendagri gelar Rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Tugas dan Wewenang GWPP di Hotel Pullman, Bali, yang berlangsung dari 6 hingga 8 Oktober 2021.
Kemendagri gelar Rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Tugas dan Wewenang GWPP di Hotel Pullman, Bali, yang berlangsung dari 6 hingga 8 Oktober 2021.

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA mengajak para Gubernur berkomitmen melaksanakan tugas dan wewenangnya sebagai Gubernur Wakil Pemerintah Pusat (GWPP).

Hal itu disampaikan Safrizal ZA saat membuka Rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Tugas dan Wewenang GWPP di Hotel Pullman, Bali, yang berlangsung dari 6 hingga 8 Oktober 2021.

Safrizal menyatakan, Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat memiliki 46 tugas dan wewenang, yang merupakan pelimpahan dari Presiden.

Baca juga : Kementan Tindaklanjuti Arahan Presiden Tingkatkan Produksi Jagung

"Gubernur ketika berkaitan dengan pembinaan dan pengawasan Kabupaten/Kota, sedang melaksanakan tugas sebagai GWPP, bukan sebagai kepala daerah otonom," kata Safrizal saat memberikan pengarahan.

Dia menekankan, evaluasi yang dilaksanakan terhadap pelaksanaan tugas dan wewenang GWPP, akan menjadi dasar perbaikan untuk tahun anggaran berikutnya.

Ke depan, tegas Safrizal, kinerja Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat juga akan dinilai melalui Indeks Kinerja GWPP.

Baca juga : Kemenparekraf Minta Maaf Batal Kasih Bantuan Insentif

Untuk itu, ia pun berharap agar Gubernur dan jajaran dapat memegang teguh aturan tersebut.

Sementara itu, Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Sukawati mengatakan, peran Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat sangat penting dalam sinergisitas pusat dan daerah.

Pemerintah Provinsi Bali, kata dia, terus berupaya untuk menyusun program perencanan dan pembangunan, khususnya di bidang pariwisata dan pembangunan ekonomi yang sinergis dari Kabupaten/Kota, Provinsi, hingga Pemerintah Pusat, demi mendukung kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga : Risma Ademkan Suasana

Ia mengungkapkan, Kemendagri telah membiayai 8 dari total 46 tugas dan wewenang GWPP.

Adapun, 8 tugas dan wewenang tersebut, sambung Prabawa, akan dibina oleh 4 (empat) komponen lingkup Kemendagri, yaitu Ditjen Bina Adwil, Ditjen Bina Bangda, Ditjen Otda, dan Inspektorat Jenderal. (DIR)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.