BREAKING NEWS
 

Lusa Jokowi Resmikan Sirkuit Mandalika, Pemuda NTB Happy Banget

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Rabu, 10 November 2021 22:12 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi akan meresmikan operasional Pertamina Mandalika International Street Circuit, di Kawasan The Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (12/11). Rencana kedatangan Jokowi ini disambut gembira aktivis pemuda NTB Karman BM.

Karman menilai, kedatangan Jokowi akan berdampak besar untuk pariwisata dan ekonomi NTB. "Secara simbolik, kunjungan Presiden Jokowi ke Mandalika ini akan membawa benefit yang besar bagi NTB, terutama di sektor ekonomi dan pariwisata," ujarnya, di Mataram, Rabu (10/11), seperti dikutip Antara.

Sejak pemerintahan Jokowi, lanjutnya, perhatian Pemerintah Pusat untuk pembangunan kawasan Mandalika sudah sangat luar biasa. Kawasan wisata yang sebelumnya sempat mangkrak selama kurang lebih 29 tahun, kini telah beroperasi. Mandalika pun ditetapkan sebagai satu dari 10 destinasi wisata prioritas nasional, dan menjadi bagian dari lima destinasi wisata superprioritas yang didorong menjadi destinasi "Bali Baru".

Baca juga : Tok, Puan Resmi Sahkan Andika Perkasa Sebagai Calon Panglima TNI

"Tahun 2017, kawasan Mandalika yang puluhan tahun mangkrak akhirnya diresmikan Presiden Jokowi dan bisa beroperasi. Saat, Presiden datang lagi untuk meresmikan Sirkuit Mandalika yang akan menjadi lokasi kegiatan berskala internasional WSBK dan MotoGP. Ini perhatian yang luar biasa untuk NTB," puji Karman.

Adsense

Karman berharap, perhatian Pemerintah Pusat yang sangat besar itu bisa diimbangi Pemerintah Daerah dan juga masyarakat NTB. Sebab, intensitas Jokowi berkunjung ke Lombok, khususnya Mandalika, secara tidak langsung menjadi magnet promosi ke dunia luar.

"Sekarang tinggal Pemda, masyarakat, terutama pelaku industri pariwisata, bisa menangkap peluang-peluang ini. Perhatian Pemerintah Pusat harus diimbangi semangat yang sama di daerah," katanya.

Baca juga : Mobil Listrik BMW Jadi Safety Car Di Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah seri terakhir World Superbike (WSBK) 2021 yang akan digelar pada 19-21 November 2021. WSBK Indonesia di Mandalika bakal jadi penentu persaingan juara antara Jonathan Rea dan Toprak Razgatlioglu. Lintasan balap telah selesai dalam pengerjaan dan tribun untuk penonton juga telah terpasang. 

Setelah sukses menggelar WSBK Indonesia 2021, Sirkuit Mandalika akan menggelar seri kedua MotoGP 2022. Balapan motor dunia paling bergengsi itu akan digelar di Mandalika pada 20 Maret 2022.

Karman mengatakan, setelah pelaksanaan WSBK nanti, Mandalika tentu menjadi sorotan dunia. Ia optimistis, angka kunjungan wisatawan ke NTB akan meningkat tajam setelah itu. Mandalika akan menjadi destinasi bagi turis mancanegara.

Baca juga : BPIP Resmikan Klinik Pancasila Di Lapas-Rutan Lampung

"Kami berharap agar dalam hal ini Pemda baik Pemprov NTB maupun Pemda Lombok Tengah bisa mulai menata dan menyiapkan SDM lokal agar masyarakat juga bisa menikmati benefit dari angka kunjungan itu," ucap relawan Jokowi di Pemilu 2019. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense