Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KBRI Dan BI Tokyo Promosikan Produk Indonesia Di Jepang

Jumat, 29 Oktober 2021 13:36 WIB
Wakil Dubes RI untuk Jepang, Tri Purnajaya (kedua kanan) dalam Penandatanganan Kesepakatan Bersama KBRI Tokyo-BI Tokyo-DenBagus LLC-XETIA.io untuk dorong produk Indonesia di Jepang melalui pemanfaatan teknologi digital. Foto KBRI Tokyo
Wakil Dubes RI untuk Jepang, Tri Purnajaya (kedua kanan) dalam Penandatanganan Kesepakatan Bersama KBRI Tokyo-BI Tokyo-DenBagus LLC-XETIA.io untuk dorong produk Indonesia di Jepang melalui pemanfaatan teknologi digital. Foto KBRI Tokyo

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo menandatangani kesepakatan bersama dengan Bank Indonesia (BI) Tokyo dan dua perusahaan rintisan yang didirikan teknopreneur Indonesia dan Jepang, yakni Den Bagus LLC dan XETIA.io. 

Kerja sama ini untuk memfasilitasi promosi produk Indonesia di Jepang melalui inovasi dan teknologi digital. 

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang, Heri Akhmadi menjelaskan, kerja sama ini adalah implementasi konkret dari sentra UMKM Indonesia yang dibentuk KBRI Tokyo, BI Tokyo, BNI Tokyo, dan Kantor Perwakilan BUMN Indonesia di Jepang.

“Dengan kerja sama ini, kita bisa hadirkan terobosan baru untuk meningkatkan ekspor Indonesia ke Jepang melalui pemanfaatan teknologi digital hasil kerja sama Indonesia - Jepang," ujar Heri dalam keterangannya, Jumat (29/10).

Baca juga : KPK Bakal Hadirkan Bos Panin Mu'min Ali Gunawan Di Persidangan

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang hadir selaku pembicara dalam BIJTe memastikan Pemerintah Indonesia telah menyiapkan sejumlah insentif ekonomi digital untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional.

“Kontribusi sektor ekonomi digital Indonesia terhadap GDP Indonesia terus menunjukkan tren peningkatan. Saya percaya kita dapat merealisasikan besarnya potensi ekonomi digital Indonesia untuk pemulihan pasca pandemi," ujar Sandi.

Dalam kesempatan sama, Deputi Gubernur BI, Sugeng menekankan, pentingnya inovasi dan digitalisasi sebagai pondasi vital bagi perekonomian di masa pandemi. 

“BI komitmen untuk perkuat integrasi ekonomi dan keuangan digital melalui penguatan kebijakan sistem pembayaran, keuangan cross-border, serta sinergi dengan pemangku kepentingan terkait," tegas Sugeng. 

Baca juga : RI Bergerak Pulih, Poros Muda Indonesia Puji Jokowi

BIJTe merupakan kerja sama KBRI Tokyo dengan BI Tokyo untuk mendorong kolaborasi talenta digital Indonesia dan Jepang. 

Terdapat total 12 peserta pegiat bisnis rintisan asal Indonesia dan Jepang yang dipilih berdasarkan rekomendasi dari berbagai pusat inkubasi startup di Jepang.

BIJTe yang diikuti lebih dari 1100 peserta secara virtual ini juga menghadirkan Daiki Kumamoto dari Real Tech Fund - venture capital Jepang, Anna Soemarno dari Google Japan dan Jerome Polin dari Mantappu Corp. 

Selain virtual talkshow, BIJTe juga menampilkan sesi coaching clinic terkait market insight Indonesia dan Jepang oleh Impactto, startup inkubator Indonesia dan Nextcreation, design thinking workshop specialist yang merupakan tech startup sinergi Indonesia dan Jepang. 

Baca juga : Tari Saman Meriahkan Resepsi Diplomatik Indonesia Di Beirut

BNI Tokyo juga hadir memperkenalkan skema kredit diaspora untuk mendukung pengembangan bisnis diaspora Indonesia di Jepang. 

Para peserta juga mendapat coaching kultur inovasi dari Rakuten Japan dan mengunjungi Tokyo Startup Hub yang dinaungi oleh Pemerintah Kota Metropolitan Tokyo. 

Bootcamp BIJTe ini menghasilkan 3  usulan kolaborasi digital Indonesia, yaitu: aplikasi “tinder for business” untuk menghubungkan UMKM Indonesia dan Jepang, promosi produk makanan/minuman Indonesia melalui aplikasi digital dan platform edutech untuk pengembangan smart agriculture. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.