Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dubes Heri Tegaskan Komitmen Indonesia Jaga Perdamaian Dunia

Jumat, 5 November 2021 08:39 WIB
Dubes RI untuk Jepang, Heri Akhmadi memberikan sambutan dalam Resepsi Peringatan HUT ke-76 Tentara TNI di Wisma Duta KBRI Tokyo pada Selasa (2/11). Foto KBRI Tokyo.
Dubes RI untuk Jepang, Heri Akhmadi memberikan sambutan dalam Resepsi Peringatan HUT ke-76 Tentara TNI di Wisma Duta KBRI Tokyo pada Selasa (2/11). Foto KBRI Tokyo.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo menggelar Resepsi Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Wisma Duta KBRI Tokyo, Selasa (2/11). 

Dalam sambutannya, Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang, Heri Akhmadi mengatakan,  Indonesia tetap menjaga komitmen terhadap perdamaian dan stabilitas dunia.

Baca juga : Indonesia-Portugal Perkuat Kerja Sama Bidang Digital

“TNI berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. TNI selalu menjadi bagian integral dari sejarah Indonesia dan tetap menjaga komitmen terhadap perdamaian dan stabilitas dunia,” ujar Dubes Heri dalam keterangannya, Jumat (5/11).

Heri mengatakan, saat ini Indonesia  menduduki peringkat ke-8 dari 119 negara, yang berkontribusi dalam misi penjaga perdamaian PBB. 

Baca juga : Kadin: Pengusaha Komitmen Bangun Energi Terbarukan Di Daerah 3T

Dubes Heri menjelaskan, tahun 2021 menandai HUT ke-63 Hubungan Diplomatik Indonesia dan Jepang. Sekaligus hari jadi ke-15 Kemitraan Strategis Komprehensif antara Indonesia dan Jepang.  

“Dalam konteks kerja sama bilateral pada Maret, kedua negara kembali menggelar kerja sama pertahanan bilateral melalui Pertemuan 2+2 Indonesia dan Jepang, yang diadakan di Tokyo. Kerja sama pertahanan ini tentunya saling menguntungkan bagi kedua negara,” tegas Heri.

Baca juga : Disaksikan Jokowi, Bahlil Teken MoU Dengan Perusahaan AS Di Dubai

Sementara itu, Direktur Jenderal Kebijakan Pertahanan, Kementerian Pertahanan Jepang, Masuda Kazuo mengatakan, dalam 63 tahun hubungan bilateral kedua negara, Jepang mengharapkan kemitraan strategis dengan Indonesia yang lebih kuat dan saling menguntungkan. 

“Indonesia merupakan mitra Jepang dalam level strategis di ASEAN maupun di lingkup yang lebih luas. Hal ini memungkinkan kedua negara untuk mempromosikan Indo-Pasifik yang terbuka dan bebas. Freedom of navigation and trade di kawasan, dan penegakan hukum internasional,” ujar Kazuo. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.