BREAKING NEWS
 

Survei Y-Publica: Prabowo-Puan Cuma Unggul Tipis Dari Ganjar-Airlangga

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Sabtu, 13 November 2021 15:57 WIB
Prabowo Subianto dan Puan Maharani (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil Survei Y-Publica menunjukkan, Prabowo Subianto dan Puan Maharani berhasil meraih elektabilitas 85,6 persen  Mengungguli Ganjar Pranowo-Airlangga Hartarto yang mendulang angka 84,1 persen dalam simulasi Capres/Cawapres untuk Pilpres 2024.

"Dalam simulasi terhadap pasangan capres/cawapres, Prabowo-Puan unggul tipis terhadap Ganjar-Airlangga," kata Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam keterangannya, Sabtu (13/11).

Rudi menuturkan, dukungan kuat terhadap Prabowo-Puan tidak mengejutkan, mengingat sudah cukup lama digaungkan oleh berbagai pihak.

Baca juga : Hasto: Terlalu Dini

Prabowo-Puan merepresentasikan dua kekuatan partai politik terbesar di pemerintahan, yaitu PDIP dan Gerindra.

Adsense

Hal yang mengejutkan justru pasangan Ganjar-Airlangga, yang bisa mengimbangi Prabowo-Puan. Ganjar yang merupakan kader PDIP, selama ini mengantongi elektabilitas terkuat sebagai capres. Namun, PDIP lebih menjagokan Puan.

"Meskipun tanpa dukungan PDIP, Ganjar tetap paling unggul. Lebih-lebih jika dipasangkan dengan Airlangga," tandas Rudi.

Baca juga : Sandi-Ganjar Bisa Senasib

Pasangan capres/cawapres lainnya yang paling mendapat dukungan publik adalah Prabowo-Airlangga 68,3 persen, Ganjar-AHY 58,3 persen, Anies-AHY 53,8 persen, dan Anies-Gatot 51,8 persen. Pasangan sisanya mendapat dukungan kurang dari 50 persen.

Survei Y-Publica dilakukan pada tanggal 1—7 November 2021 terhadap 1.200 orang mewakili seluruh provinsi di Indonesia.

Data diambil melalui wawancara tatap muka terhadap responden yang dipilih secara multistage random sampling. Margin of error plus minus 2,89 persen, tingkat kepercayaan 95 persen. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense