BREAKING NEWS
 

Banyak Anggota Parlemen LN Yang Mau Mencontoh

Politik Indonesia Beri Ruang VVIP Untuk Kaum Hawa

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Kamis, 24 Maret 2022 14:42 WIB

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Puan Maharani mengungkap, banyak anggota parlemen internasional terperangah ketika mengetahui banyak produk regulasi Indonesia, yang berpihak kepada perempuan. Termasuk, perihal anggaran dan keterlibatan perempuan dalam mempersiapkan produk kebijakan publik.

Dengan kata lain, perempuan mendapat ruang VVIP di panggung politik Indonesia.

Baca juga : DPR: Prajurit TNI Yang Mau Bicara Politik Silakan Pensiun Dulu

"Apa pun yang disampaikan Indonesia dalam Forum Perempuan di acara Inter-Parliamentary Union (IPU), pasti didengar dan diamini," kata Puan di sela-sela sidang IPU ke-144 di Bali International Convention Centre (BICC) The Westin, Nusa Dua, Bali, Kamis (24/3).

Adsense

"Parlemen internasional terinspirasi. Banyak yang bersedia mencontoh, bahkan belajar. Mereka juga ingin meningkatkan jumlah anggota perempuan di parlemen. Mereka melihat kesuksesan Indonesia,” imbuh Puan.  

Baca juga : Senayan Minta Pemerintah Perhatikan Nasib Mahasiswa Indonesia Di Ukraina

Karena itu, Puan yang juga mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kemanusiaan mendorong kaum perempuan, agar lebih banyak yang menjadi wakil rakyat. Supaya marwah perempuan ikut terangkat.

"Pada tahun 2021, dari 73 orang yang terpilih sebagai ketua parlemen di seluruh dunia, 18 orang di antaranya atau 24,7 persennya adalah perempuan,” papar cucu Proklamator RI Soekarno itu.

Baca juga : Gandeng Kemenaker Dan OASE, Sido Muncul Gelar Pemeriksaan IVA Untuk 500 Karyawan

Proporsi global anggota parlemen perempuan kini telah meningkat menjadi 26,1 persen. Naik sebesar 0,6 persen.

"Kita perlu terus memastikan partisipasi aktif perempuan pada proses pengambilan keputusan. Terutama, di lembaga publik,” tandas Puan. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense