Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bersama Anggota DPD Se-Indonesia

Bamsoet Bentuk Relawan 4 Pilar

Minggu, 12 Desember 2021 07:00 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat menghadiri final Ajang karya Video 4 Pilar MPR RI, di studio televisi Jawa Pos Group di kawasan Palmerah Jakarta, Jumat (10/12/21). (Foto: MPR RI)
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat menghadiri final Ajang karya Video 4 Pilar MPR RI, di studio televisi Jawa Pos Group di kawasan Palmerah Jakarta, Jumat (10/12/21). (Foto: MPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo mendorong anggota MPR, khususnya unsur Kelompok DPD membentuk Relawan 4 Pilar MPR di setiap daerah pemilihannya. Relawan ini diyakini akan memperkuat jaring pengaman sosial.

Bambang Soesatyo bilang, Relawan 4 Pilar MPR yang dimotori Anggota DPD dari DKI Jakarta Fahira Idris dan Senator dari Sumatera Barat Alirman Sori dapat direalisasikan di seluruh Indonesia. Hal ini bisa melibatkan berbagai kalangan generasi muda, bekerja sama dengan jaringan Jawa Pos Multimedia.

“Termasuk bekerja sama dengan berbagai pihak yang pernah terlibat dalam kegiatan MPR. Misalnya, para pelajar SMA yang ikut dalam Ajang Karya Video 4 Pilar MPR, jumlahnya lebih dari 2.900 pelajar dari seluruh Indonesia,” ujar Bamsoet, sapaan Bambang Soesatyo, di sela acara final Ajang karya Video 4 Pilar MPR RI, di studio televisi Jawa Pos Group di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Novelis Ungkap Sesuatu Di Balik Agenda Pengadilan HAM Uighur

Bamsoet menilai, Karya Video 4 Pilar MPR memberi dampak positif terhadap generasi muda. Karenanya, para pelajar tersebut diajak bergabung dalam Relawan 4 Pilar MPR, menjadi kekuatan sosial dalam membumikan dan menyebarkan semangat 4 Pilar MPR. Khususnya, menjadi pengawal Ideologi Pancasila dan Kedaulatan Rakyat.

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, Relawan 4 Pilar MPR juga bisa dijadikan sebagai penguat jaring pengaman sosial. Para pelajar dan pemuda dapat membantu saudara sebangsa di berbagai kegiatan sosial ke­manusiaan, seperti membantu korban bencana alam, maupun warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Mereka dapat menjadi wadah untuk menggelorakan semangat gotong royong, karena upaya pembangunan bangsa tak bisa dilakukan satu dua pihak. Bamsoet meyakini, pembentukan relawan itu tidak sulit.

Baca juga : Idris Laena: Airlangga Tepat Pimpin Indonesia Pasca Pandemi

“Sebab, berdasar data Charities Aid Foundation (CAF) World Giving Index 2021, Indonesia menempati peringkat pertama sebagai negara paling dermawan di dunia. Dengan tingkat sukarelawan negara lebih banyak tiga kali lipat dari rata-rata global,” jelas Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menambahkan, Relawan 4 Pilar MPR merupakan gerakan sosial yang jauh dari gerakan politik. Keanggotaannya lintas partai politik, organisasi kemasyarakatan, kepemudaan, profesi, dan organisasi keagamaan.

Relawan 4 Pilar MPR, lanjutnya, akan menjadi stimulus yang dapat menggugah kembali semangat ke-Indonesiaan. “Yaitu rasa solidaritas dan jiwa kegotongroyongan sesama anak bangsa. Pada akhirnya, dapat dikapitalisasi menjadi kekuatan sosial yang luar biasa dan dampaknya akan semakin dirasakan oleh masyarakat secara luas,” tandasnya. [ONI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.