BREAKING NEWS
 

Soal Kenaikan Tarif Candi Borobudur

Tiket Mahal, Pariwisata Sepi

Reporter : AHMAD LATHIF ROSYIDI
Editor : ACHMAD ALI FUTHUHIN
Selasa, 7 Juni 2022 07:50 WIB
Candi Borobudur. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Bisa dengan melimitasi jumlah dan waktu bagi wisatawan. Ini pilihan rasional dibanding menaikkan tarif masuk ke destinasi Borobudur,” ujar Huda.

Menurut Huda, kenaikan harga tiket juga kontra produktif dengan semangat pemulihan destinasi wisata pasca pandemi. Padahal, upaya pemulihan ekonomi harusnya didorong dengan membuka akses seluas-luasnya bagi masyarakat untuk dapat menyambangi destinasi wisata.

Huda menekankan, Candi Borobudur tidak boleh menjadi destinasi wisata yang eksklusif. Karena dapat menjauhkan publik yang ingin mempelajari sejarah dan keberadaan Borobudur dari dekat.

Baca juga : Luhut: Harga Tiket Candi Borobudur Bakal Dikaji Lagi, Supaya Bisa Diturunkan

“Borobudur tetap harus didorong sebagai destinasi yang sifatnya inklusif. Semua orang bisa mengakses karena Borobudur sejak dari awal diposisikan sebagai destinasi yang sifatnya publik,” harap dia.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan akhirnya melunak. Harga tiket bisa turun terutama untuk turis lokal.

“Saya akan minta pihak-pihak terkait segera mengkaji lagi supaya tarif itu bisa diturunkan,” ujar Luhut, kemarin.

Baca juga : Target Menang Pilkada Jabar, Golkar Tidak Mau Asal-asalan

Luhut menyadari adanya kekhawatiran dari masyarakat mengenai tarif untuk turis lokal yang dianggap terlalu mahal. Rencana tarif yang muncul itu belum bersifat final, karena masih akan dibahas dan diputuskan Presiden Jokowi pada pekan depan.

Kendati demikian, Luhut menegaskan, rencana kenaikan tarif untuk turis asing menjadi 100 dolar AS tidak akan berubah. Begitu pula tarif untuk pelajar tetap sesuai rencana yang sebelumnya disampaikan, yakni Rp 5 ribu.

Luhut mengatakan, nantinya semua calon turis yang ingin mengunjungi Candi Borobudur diwajibkan melakukan reservasi secara online. Hal ini dilakukan untuk mengatur aliran pengunjung.

Baca juga : Resmi Diluncurkan, Ganjar: Borobudur Marathon Trigger Kebangkitan Ekonomi

Sebelumnya, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan akan membatasi kunjungan ke Candi Borobudur. Turis yang ingin naik ke Candi Borobudur dibatasi sebanyak 1.200 orang per hari dengan cara menaikkan tarif.

Biaya untuk wisman ditetapkan 100 dolar AS, sedangkan turis lokal sebesar Rp 750.000, dan tarif pelajar Rp 5.000. Langkah ini dilakukan demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara Candi Borobudur. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense