BREAKING NEWS
 

Parlemen Setuju Konsumsi B30 Makin Ditingkatkan

Reporter : FAJAR EL PRADIANTO
Editor : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Rabu, 14 September 2022 19:16 WIB
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Parlemen mendorong agar B30 digunakan lebih luas oleh masyarakat.Ini merupakan bagian dari upaya negara mengurangi penggunaan dari solar sepenuhnya.

Wakil Ketua Komisi VII Eddy Soeparno mengapresiasi penggunaan B30 di dalam negeri. Selama ini, penggunaan lebih besar digunakan pada kendaraan umum, bukan kendaraan pribadi.

Karenanya, Dewan mendukung peningkatan suplai bahan bakar yang menggunakan CPO tersebut secara luas. Peningkatan ini dinilai bisa mengurangi konsumsi BBM masyarakat yang sebesar 80 persen berupa Pertalite.

Baca juga : Mahfud Pun Angkat Tangan

"Di satu pihak memang saya mengapresiasi penggunaan yang lebih luas lagi untuk bahan bakar B30," kata Eddy, di Jakarta, dikutip Rabu (14/9).

Menurutnya ini merupakan bagian dari upaya negara mengurangi penggunaan dari solar sepenuhnya. Karena terdapat campuran biodiesel di dalamnya.

"Oleh karena itu kami tetap mendorong supaya B30 itu ditingkatkan terutama suplainya supaya akan bisa diperluas lagi distribusinya dan volume juga bisa ditingkatkan untuk dikonsumsi masyarakat," tuturnya. 

Baca juga : Parade Koruptor Bebas Menyakitkan Rakyat

Sementara itu, Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan  menilai, seluruh program biodiesel merupakan salah satu upaya progresif pemerintah dalam mempenetrasi penerapan energi terbarukan di dalam negeri. Menurutnya, ada dua hal utama yang dapat Indonesia capai lewat program ini.

“Dengan program ini kita akan mendapat dua hal. Pertama, pastinya bisa mengurangi impor akan solar. Kedua, pasti jadi salah satu program unggulan pemerintah dalam rangka bauran energi,” ungkapnya.

Adsense

Berdasarkan laporan Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) sepanjang Januari-Juli 2022, Indonesia telah memproduksi biodiesel sebanyak 6.520.184,250 kiloliter.

Baca juga : Keadilan Ekonomi Dinikmati Bersama

Adapun, biodiesel sebanyak itu terdistribusi di tingkat domestik yang mendominasi sebanyak 5.859.676,922 kiloliter, sementara sisanya diperuntukkan ekspor sebanyak 74.433,463 kiloliter.

Aprobi menilai, mandatori biodiesel 30 persen atau B30 telah berhasil memangkas impor BBM di Indonesia. Pada 2020, Indonesia berhasil memangkas impor solar sebesar 3,73 miliar dolar AS atau setara Rp 55,57 triliun; asumsi Rp14.899/dolar AS.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense