BREAKING NEWS
 

Sambut KTT G20 Bulan Depan

Bali Tuan Rumah Yang Baik

Reporter : HAIKAL AMIRULLAH
Editor : ABDUL SHOMAD
Kamis, 27 Oktober 2022 07:50 WIB
Anggota Komisi VI DPR I Nyoman Parta. (Foto: Dok. DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali November mendatang akan mendatangkan keuntungan besar bagi masyarakat setempat. Masyarakat Bali sepatutnya bersyukur, diberi kesempatan menjadi tuan rumah ajang penyelenggaraan perhelatan besar dunia ini.

Anggota Komisi VI DPR I Nyoman Parta mengatakan, perhelatan KTT G20 di menun­jukan pulau Dewata itu merupa­kan tempat yang memiliki rasa aman dan nyaman. Karena itu, masyarakat Bali kudu memberi­kan kontribusi positif. Caranya dengan ikut berperan serta dalam menjaga keamanan, dan men­doakan ajang yang mengharum­kan nama bangsa ini bisa sukses terlaksana.

“Jadi kalau ada tamu datang berikan pelayanan yang baik. Tunjukkan bahwa orang Bali merupakan masyarakat layak dan ramah. Kemudian jaga toleransi yang menjadi ciri khas orang Bali,” tegas politisi Fraksi PDI Perjuangan ini.

Baca juga : Pemerintah Diminta Gunakan Penelitian Dan Informasi Akurat Rumuskan Kebijakan IHT

Dia bilang, pascapandemi Covid-19, aktivitas dan laju perekonomian masyarakat sudah mulai berjalan normal. Ini bisa dilihat dari situasi lalu lintas di Bali yang sudah mulai dilanda kemacetan. Jalur penerbangan juga sudah mulai lancar walau lalu lintas penerbangan masih terbatas dan belum terlalu pa­dat.

Hotel dan restoran juga masih banyak yang belum beroperasi, walau prospek industri pari­wisata sudah jauh lebih baik. “Ini terjadi karena ada masalah aturan perbankan. Di mana menambah kredit, tidak bisa dilakukan karena harus ada cash flow walaupun jaminan aset mencukupi,” jelasnya.

Adsense

Parta berharap, pelaksanaan KTT G20 ini bisa memberi­kan hal-hal yang lebih konkret terhadap pembangunan di Bali. Salah satunya, pengo­lahan sampah menjadi lebih bagus sebab pariwisata dan kebersihan ini merupakan dua hal yang saling berkaitan erat. Berikutnya, KTT G20 harus mampu mengangkat potensi wilayah di Bali, yakni salah satunya tentang Sapi Bali.

Baca juga : Hebat, Lapak Ganjar Pranowo Jadi Acuan Para Reseller Luar Jateng

Dan yang tak kalah penting­nya, ajang ini harus menghasil­kan rekomendasi yang mampu mengangkat adat dan budaya masyarakat Bali. “Jadi harus ada sesuatu yang bisa dijadikan monumen karya dari perhelatan G20 ini,” wantinya.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi VI DPR Aria Bima berharap pelaksanaan KTT G20 di Bali ikut membahas persoalan resesi ekonomi. Tujuannya memperkecil potensi tingkat keparahan yang bisa terjadi akibat gejo­lak perekonomian global yang terjadi saat ini.

“Setidaknya pelaksanaan ajang ini bisa memperkecil tingkat keparahan situasi global kini,” ujar Aria Bima.

Baca juga : Transmart Resmi Buka Kembali di Tangerang City

Politisi Fraksi PDI Perjuangan ini yakin, masyarakat Indonesia akan mampu bertahan di tengah kondisi ekonomi yang masih labil akibat pandemi. Krisis pangan di dalam negeri diyakini tidak akan terjadi di Indonesia. “Untuk krisis pangan kita lebih punya kemampuan untuk pangan nasional dicukupi produksi sendiri,” imbuhnya.

Aria menilai, ada beberapa komoditas yang pemenuhannya harus melalui impor dan akan memicu angka inflasi. Walau demikian, inflasi ini tidak terlalu besar. Karena itu masyarakat diminta tetap optimistis meng­hadapi situasi perekonomian saat ini. “Buktinya kita mampu menghadapi berbagai krisis karena pondasi ekonomi kita yang cukup kuat,” jelasnya.

Aria menambahkan, pemerin­tah membuat berbagai kebijakan menghadapi situasi ekonomi yang tidak menentu ini. Di antaranya penyaluran dana desa, kredit usaha rakyat, dan berbagai program pemerintah seperti program keluarga harapan dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan lainnya. Berbagai kebijakan fiskal tersebut akan membuat arus perekonomian masyarakat tetap mengalir ke bawah. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense