BREAKING NEWS
 

Kinerja BRI Super Kinclong

Darmadi: Jangan Terlena, Tantangan Semakin Berat

Reporter : HAIKAL AMIRULLAH
Editor : AULIA DARWIS
Jumat, 18 November 2022 07:50 WIB
Anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto. (Foto: DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Senayan mengapresiasi kinerja keuangan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 39,31 triliun tahun ini. Capaian positif ini diraih di tengah ketidakpastian ekonomi.

Anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto mengatakan, raihan laba bersih BRI ini meningkat 103,34 persen secara tahunan dari periode yang sama tahun 2021 sebesar Rp 19,25 triliun. Hal ini tentu bukanlah perkara gampang di tengah tantangan ekonomi yang penuh ketidakpastian.

“Tentu kita apresiasi keberhasilan BRI yang mampu membukukan laba bersih cukup signifikan tahun ini. BRI tetap mampu menunjukkan kinerja positif di tengah badai ketidakpastian ekonomi saat ini. Ini capaian yang sangat luar biasa,” kata Darmadi di Gedung Parlemen, Jakarta, kemarin.

Baca juga : Pecah, Rekor Lelang Pembangunan PLTB dengan Tarif Terendah Sepanjang Sejarah

Dia mengatakan, keberhasilan ini tidak lepas dari keberpihakan BRI terhadap para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). BRI memberikan proporsi kredit terhadap UMKM sebesar 84,2 persen yang mampu menggairahkan para pelaku usaha.

“Implementasi kebijakan terse­but mencerminkan bahwa BRI pro terhadap UMKM,” ujar politisi Fraksi PDI Perjuangan ini.

Adsense

Darmadi menilai, keberhasi­lan BRI tersebut tentu saja tidak terlepas dari kode moral yang diterapkan Kementerian BUMN selama ini. “Juga ber­kat menjalankan shared value AKHLAK, yakni Amanah, Kompeten, Harmoni, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif,” ucap Bendahara Megawati Institute ini.

Baca juga : Proyek IKN Perkuat Kocek BUMN Karya

Anggota Badan Legislasi DPR ini menilai, BRI di bawah kepemimpinan Sunarso mampu menjalankan AKHLAK itu semua secara proporsional dan kredibel. BRI juga mampu menjalankan instruksi pemerintah terhadap keberpihakan kepada pelaku UMKM. Ini ditopang oleh fakta dan bukti dari pro­porsi kredit ke UMKM yang cukup kredibel sehingga mampu tumbuh sebesar 84,2 persen.

“Soal kompetensi, BRI cukup berkompeten menjalankan apa yang jadi keinginan pemerintah yaitu BUMN harus jadi lokomo­tif ekonomi paling depan,” ucap pakar ekonomi kerakyatan ini.

Selain itu, Darmadi meni­lai BRI juga cukup Adaptif terhadap situasi dan kondisi ekonomi baik global maupun domestik. “Kalau tidak Adaptif tidak mungkin mereka berhasil membukukan laba bersih seperti saat ini,” sambung dia.

Baca juga : Gempa M5,3 Guncang Garut, Getaran Terasa Hingga Kabupaten Bandung

Darmadi bilang, BRI mengimplementasikan cita-cita konstitusi bahwa kesejahteraan masyarakat harus jadi skala prioritas. Juga, menunjukkan loyalitasnya secara bersamaan baik kepada pemerintah selaku regulator dan masyarakat se­bagai pemilik saham terbesar BRI. “Loyalitas itu dijalankan dengan baik oleh BRI di bawah kepemimpinan pak Sunarso sebagai Dirut saat ini,” pujinya.

Kendati demikian, Darmadi mengingatkan BRI agar tidak terlalu berpuas diri atas capaian yang diraih saat ini. Capaian ini harus dijadikan batu loncatan untuk mencapai keberhasilan yang lebih besar lagi ke depannya. Mengingat tantangan ekonomi ke depan diperkirakan akan jauh lebih menantang.

“Jangan terlena, jangan cepat puas diri. Tantangan ke depan makin berat,” pungkas legislator dapil DKI Jakarta III meliputi Jakarta Barat, Utara dan Kepulauan Seribu itu. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense