BREAKING NEWS
 

Sondang Jempolin Kerja Pertamina Hulu Energi Jaga Ketahanan Energi Nasional

Reporter & Editor :
SAIFUL BAHRI
Minggu, 4 Juni 2023 13:43 WIB
Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Sondang Tampubolon bersama warga Pasar Rebo, Jakarta. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Sondang Tampubolon menghadiri sosialisasi 'Peran Pertamina Hulu Energi (PHE) dalam Menjaga Ketahanan Energi Nasional' bersama warga Kali Sari, Pasar Rebo, Jakarta Timur, pada Jumat, 2 Juni 2023.

Di situ, Sondang mengapresiasi kinerja Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai Subholding Upstream yang telah berkontribusi terhadap produk minyak dan gas nasional. Berdasarkan data, pada 2022, PHE memberikan kontribusi sebesar 68 persen dalam produksi minyak nasional, dan 34 persen dalam produksi gas nasional.

"Jadi memang inilah kontribusi Pertamina Hulu Energi dalam membangun kedaulatan energi nasional. Dimana kontribusi sebesar 68 persen dalam produksi minyak nasional, serta 34 persen dalam produksi gas nasional, itu luar biasa jumlahnya," ujar Sondang Tampubolon dalam pernyataannya, Minggu (4/6).

Baca juga : Bamsoet Minta Pemerintah Tindak Tegas Pelaku Perdagangan Orang

Kendati demikian, dia mengungkapkan, peran perusahaan swasta dan asing yang turut berkontribusi dalam menjaga ketahanan energi nasional juga tidak bisa dinafikan.

"Kita tidak bisa menafikan ada juga perusahaan swasta dan asing yang masuk. Karena kita juga harus memberi ruang yang cukup untuk perusahaan swasta dan asing itu supaya kita tidak di-banned oleh WTO. Oleh karenanya, sebagai wakil rakyat, saya mengapresiasi kinerja dari Pertamina Hulu Energi yang adalah anak perusahaan atau subholding dari PT Pertamina," lanjutnya.

Sondang Tampubolon berharap kinerja Pertamina Hulu Energi bisa ditingkatkan, baik dari lifting minyak, penghasilan, serta distribusi yang merata kepada seluruh wilayah di Indonesia.

Baca juga : Subholding Upstream Pertamina Borong Penghargaan Di Ajang APQA

"Keadilan distributif itu harus dan mutlak dilaksanakan oleh perusahaan-perusahaan BUMN supaya tidak hanya yang di kota saja yang menikmati ketahanan ataupun kedaulatan energi ini," tambah Sondang Tampubolon.

Dalam meningkatkan kontribusi Pertamina Hulu Energi untuk menjaga ketahanan energi nasional, kata Sondang Tampubolon, upaya yang bisa dilakukan, diantaranya dengan meningkatkan kinerja perusahaan secara optimal serta good corporate governance.

"Kita tahu PT Pertamina termasuk juga Pertamina Hulu Energi sebagai perusahaan BUMN itu sangat didukung oleh pemerintah, sangat didukung oleh kita di DPR RI. Apa dukungannya? Ya kita berikan kebijakan-kebijakan yang sangat akomodatif kepada Pertamina. Mana blok-blok yang memang perlu dilakukan eksplorasi dan lain sebagainya, lalu kemudahan untuk melakukan proses produksi di kilang dan lain sebagainya," jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense