Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mohamad Hekal Apresiasi Peran Pertamina Hulu Energi Jaga Ketahanan Energi Nasional

Selasa, 23 Mei 2023 17:51 WIB
Sosialisasi peran Pertamina Hulu Energi (PHE) dalam menjaga ketahanan energi nasional kepada masyarakat di Kabupaten Brebes dan sekitarnya, Selasa (23/5). (Foto: Ist)
Sosialisasi peran Pertamina Hulu Energi (PHE) dalam menjaga ketahanan energi nasional kepada masyarakat di Kabupaten Brebes dan sekitarnya, Selasa (23/5). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Komisi VI DPR Mohamad Hekal menggelar sosialisasi peran Pertamina Hulu Energi (PHE) dalam menjaga ketahanan energi nasional kepada masyarakat di Kabupaten Brebes dan sekitarnya.

Sosialisasi yang digelar Selasa (23/5) di gedung Pertemuan Saung Teras Banyu Bangsri Selatan, Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah ini dihadiri oleh pelaku UMKM, ketua RT, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta ibu-ibu majelis taklim.

Dalam sambutannya, Hekal mengatakan PHE selaku subholding upstream berperan sebagai kontributor utama produksi migas nasional.

Baca juga : Imin Usahanya Paling Keras

Bahkan pada 2022, PHE memberikan kontribusi sebesar 68 persen produksi minyak nasional dan 34 persen produksi gas nasional.

"Berdasarkan data Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), bauran komposisi energi akan berubah perlahan hingga 2050 saat energi baru terbarukan akan mendominasi kebutuhan energi nasional. Sejalan dengan hal tersebut tentu volume kebutuhan akan energi fosil pun akan meningkat," kata Hekal, Selasa (23/5).

Lebih lanjut, ia menjelaskan, untuk memenuhi kebutuhan energi nasional, PHE menjalankan strategi melawan laju penurunan alamiah alias natural declining rate.

Baca juga : Publik Idamkan Capres Yang Bisa Pecahkan Masalah Nasional

Hal ini dilakukan melalui pengeboran sumur pengembangan, perawatan sumur, dan melakukan ekspansi. Selain itu, PHE juga menjaga keberlanjutan bisnis dengan melakukan pengeboran sumur eksplorasi untuk mencari potensi cadangan baru.

Dalam rangka mendukung green strategy holding, tambah politisi partai Gerindra itu, PHE berupaya untuk melakukan berbagai macam program dekarbonisasi.

Salah satunya, melalui pemanfaatan sumber energi gas sebagai energi transisi yang rendah emisi dan ramah lingkungan.

Baca juga : Deklarasi ASEAN One Health Perkuat Sistem Kesehatan Regional

Hal ini tercermin dari projek gas yang telah onstream seperti Jambaran Tiung-Biru (JTB) di Jawa Timur, dan temuan potensi cadangan gas melalui pengeboran sumur eksplorasi di beberapa wilayah Indonesia.

"Seluruh strategi yang dijalankan itu tentu memiliki kebutuhan pendanaan yang tidak sedikit. Dengan demikian PHE perlu mendapatkan dukungan dari berbagai aspek, termasuk langkah-langkah investasi yang transparan agar kegiatan operasional bisa berjalan lancar untuk menjaga ketahanan energi nasional," tutur Hekal.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.