BREAKING NEWS
 

Minta Fokus Kembangkan SDM

Gus Jazil Dorong Lombok Utara Kejar Ketertinggalan

Reporter : SHAHIH QARDHAVI
Editor : SARIF HIDAYAT
Kamis, 5 November 2020 11:49 WIB
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid (kedua dari kiri) saat sosialisasi Empat Pilar MPR di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (3/11).

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid (Gus Jazil) mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), untuk meningkatkan kualitas  sumber daya manusia (SDM). Sebab,  majunya sebuah daerah sangat dipengaruhi SDM.

Gus Jazil menuturkan, Kabupaten Lombok Utara memiliki berbagai potensi. Sehingga memerlukan SDM unggul untuk mengembangkan daerah.

“Syarat menjadikan daerah Lombok Utara berkembang dan maju adalah masyarakatnya harus menjadi manusia yang unggul dan mumpuni,” kata Gus Jazil usai menyampaikan Sosialisasi Empat Pilar MPR di Lombok Utara, Selasa (3/11).

Baca juga : Membelot Di Pilkada Lombok Utara, Kader Gerindra Diminta Lengser

Acara ini dihadiri tokoh dan pejabat Lombok Utara. Acara juga dihadiri Bupati pertama Lombok Utara (periode 2010 – 2015) H. Johan Sjamsu.

Adsense

Diketahui, Kabupaten Lombok Utara merupakan kabupaten pemekaran pada tahun 2008 dan mulai resmi secara administratif tahun 2009. Sebelumnya Kabupaten Lombok Utara masih menjadi bagian dari Kabupaten Lombok Barat.  Berpenduduk sekitar 250 ribu jiwa, Kabupaten Lombok Utara memiiki potensi sebagai daerah  wisata, pertanian, perkebunan, dan peternakan.  Pada awal pemekaran, tingkat kemiskinan di Kabupaten Lombok Utara cukup tinggi, yaitu 43,1 persen. Selama lima tahun menjabat sebagai Bupati Lombok Utara, Johan Sjamsu berhasil menurunkan tingkat kemiskinan menjadi 9,1 persen. Meski demikian, Kabupaten Lombok Utara masih menjadi daerah tertinggal satu-satunya di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Melanjutkan keterangannya, Gus Jazil yakin Lombok Utara bisa menjadi daerah maju.

Baca juga : Netizen Ragu Kebakaran Gedung Kejagung Karena Rokok

“Dengan segala potensi yang dimiliki Kabupaten Lombok Utara bisa mengejar ketertinggalan dari daerah lainnya di NTB. Karena itu sumber daya manusia harus diperbaiki dan ditingkatkan menjadi unggul dan mumpuni,” paparnya.

Gus Jazil  mengingatkan pemimpin Kabupaten Lombok Utara untuk mengutamakan peningkatan sumber daya manusia. Kabupaten Lombok Utara akan memilih pemimpin baru pada Pilkada Serentak 9 Desember mendatang. 

Gus Jazil berharap kepemimpinan di Kabupaten Lombok Utara bisa membuktikan dan membawa daerah Lombok Utara keluar dari status daerah tertingggal. 

Baca juga : AP I Gandeng Kementerian ESDM Bangun Bandara Ramah Lingkungan

“Ini sudah 13 tahun sejak pemekaran. Ini juga menjadi tantangan bagi pemimpin di Kabupaten Lombok Utara, termasuk juga tantangan bagi masyarakatnya. Pemimpin yang baru nanti harus bisa memberi kepastian kepada masyarakat Lombok Utara," cetusnya.QAR 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense