Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pilkada Tak Boleh Jadi Ajang Mematikan

Parpol Jangan Cuma Kejar Kemenangan Dong

Rabu, 30 September 2020 07:32 WIB
Pilkada Tak Boleh Jadi Ajang Mematikan Parpol Jangan Cuma Kejar Kemenangan Dong

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Eksekutif Pusat Sosial Politik Indonesia (Puspolindo) Dian Cahyani mengingatkan, partai politik (parpol) harus mengkampanyekan kepatuhan menjalankan protokol kesehatan di setiap agenda politik nasional maupun daerah.

“Parpol jangan cuma mengejar kemenangan tetapi mengabaikan protokol kesehatan. Ingat ini bukan hanya tugas pemerintah, tetapi juga parpol,” ujar Dian, kemarin.

Baca juga : Anak Buah Prabowo Ingatkan Kampanye Damai

Bagi dia, angka masyarakat yang terpapar virus corona sudah mengkhawatirkan. Bahkan, data terakhir yang positif Corona mencapai 4 ribu orang per hari. Jika tidak ada peran aktif dari partai politik, sulit untuk menahan laju pandemi Virus Corona.

Agenda yang bisa menjadi klaster penyebaran Corona adalah Pilkada Serentak 2020. Dia berharap pilkada tidak menjadi ajang mematikan bagi warga.

Baca juga : Gibran Didapuk Jadi Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna

Karena itu, peran aktif parpol diperlukan. Untuk penerapan protokol kesehatan di pilkada, Dian mengingatkan agar parpol terlibat aktif. Parpol jangan hanya menyerahkan kepada aparat penegak hukum atau lembaga penyelenggara pilkada di tingkat daerah.

Sebelumnya, Sekjen PAN Eddy Soeparno mengatakan, saat ini menjadi momentum penting bagi partai politik untuk menunjukan tanggung jawab.

Baca juga : Orang Dekat SBY Minta Politisi Jangan Asal Jeplak

Eddy menegaskan, parpol sebagai suatu lembaga yang mengusung pasangan calon seharusnya tidak hanya sebatas mencari kemenangan saja.

Tetapi, kata Eddy, parpol juga bertanggung jawab terhadap hal-hal apa saja yang dilakukan oleh pasangan calon yang diusung. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.