BREAKING NEWS
 

Kerap Terbakar, Puan: Keamanan Kilang Pertamina Harus Diaudit

Reporter : NOVALLIANDY
Editor : MUHAMAD FIKY
Senin, 15 November 2021 22:04 WIB
Ketua DPR, Puan Maharani

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR, Puan Maharani meminta PT Pertamina (Persero) segera mengaudit sistem pengamanan di kilang-kilang minyak terkait terjadinya  kebakaran di kilang  Pertamina Cilacap pada Sabtu (13/11). 

“Sebagai pimpinan DPR merasa prihatin dengan kebakaran di kilang minyak Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah.  Ini bukan kejadian pertama kebakaran kilang Pertamina di 2021," kata Puan dalam keterangannya, Senin (15/11).

Cucu Presiden Soekarno  ini memaparkan, dalam setahun, ada tiga kejadian kebakaran kilang Pertamina. Misalnya,  pada 29 Maret 2021, terjadi kebakaran kilang minyak di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, yang cukup besar sehingga proses pemadamannya memakan waktu hingga dua hari.

Baca juga : Kejar Target Emisi, Pemerintah Andalkan Energi Hidrogen Hijau

Lalu, pada 11 Juni 2021 terjadi kebakaran kilang minyak milik Pertamina di area pertangkian 39 Pertamina RU IV Cilacap. 

Adsense

Kebakaran kilang minyak Cilacap Pertamina kembali terjadi pada Sabtu (13/11) tepatnya di Refinery Unit (RU) IV Tangki 36T-102 yang berisi komponen Pertalite sebanyak 31 ribu kiloliter.

"Seringnya kebakaran di kilang minyak Pertamina memerlukan evaluasi mendalam. Harus ada audit sistem pengamanan di kilang-kilang minyak milik Pertamina sehingga bisa ditemukan apa persoalannya agar bisa segera diatasi," pintah Puan dikutip gesuri.go,id.

Baca juga : Gandeng Polri, Ajaib Tingkatkan Keamanan Data Dan Cyber Security di Indonesia

Menurutnya, perlu ada investigasi menyeluruh dan evaluasi total sehingga tidak lagi terjadi di kemudian hari.

Puan bersyukur tidak ada korban jiwa dari kebakaran kilang minyak Pertamina di Cilacap namun Pertamina harus memastikan keamanan dan keselamatan masyarakat di sekitar kilang, termasuk para pekerjanya.

“Sistem pengamanan Pertamina harus memprioritaskan keselamatan pekerja di lingkungan kilang dan masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Pastikan manajemen risiko dilakukan sebaik-baiknya," katanya.

Baca juga : Puan: Kalau Ada Yang Sengaja Ngebakar, Harus Segera Diproses Hukum

Puan meminta Pertamina memperbaiki sistem keamanan kilang minyak agar tidak memperburuk kinerja perusahaan pelat merah itu.
Karena itu menurut dia, Pertamina harus bisa memberi penjelasan kepada masyarakat mengapa sering sekali terjadi kebakaran di kilang minyak miliknya karena telah menimbulkan kegelisahan publik dan berbagai spekulasi. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense