Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kilang Cilacap Terbakar, Pertamina Lakukan Langkah-Langkah Ini

Sabtu, 13 Nopember 2021 20:56 WIB
Kilang Minyak Refinery Unit IV Cilacap, Jawa Tengah milik PT Pertamina (Persero) terbakar. (Foto: Tangkapan Layar Video Amatir)
Kilang Minyak Refinery Unit IV Cilacap, Jawa Tengah milik PT Pertamina (Persero) terbakar. (Foto: Tangkapan Layar Video Amatir)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tangki BBM yang berada di Kilang Minyak Refinery Unit IV Cilacap, Jawa Tengah milik PT Pertamina (Persero) terbakar malam tadi. Pertamina saat ini tengah berupaya maksimal untuk melakukan pemadaman kebakaran tangki di area tersebut.

Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya mengungkapkan, kebakaran mulai terjadi di satu buah tangki berisi produk Pertalite, Sabtu (13/11) malam, pukul 19.20 WIB.

Berita Terkait : Kenalkan Profesi Perbankan, KidZania Gandeng Bank BRI

"Saat ini Pertamina belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran," ujarnya dalam keterangan pers, Sabtu (13/11).

Upaya pemadaman dilakukan secara intensif dengan menggunakan High Capacity Foam Monitor pada tangki yang terbakar.

Berita Terkait : Kementan Dan BPTP Di Papua, Perkuat Pertanian Dan Ekspor Daerah Perbatasan

Sedangkan untuk tangki di sekitar, dilakukan pendinginan dengan water sprinkle untuk mencegah merambatnya kebakaran.

Pertamina saat ini juga tengah melakukan pengecekan masyarakat di sekitar area kejadian untuk memastikan masyarakat dalam kondisi aman.

Berita Terkait : Tekan Impor Obat, Pemerintah Fokus Kembangkan Fitofarmaka

"Untuk masyarakat yang berlokasi di area terdekat dengan lokasi, akan dilakukan evakuasi untuk memindahkan masyarakat ke area yang lebih aman," tutur Ifki.

Saat ini, Pertamina juga memastikan pasokan BBM dan Elpiji ke masyarakat dalam kondisi aman dan tidak mengalami gangguan. [OKT]