Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Peduli Lingkungan, Kilang Pertamina Sabet Penghargaan Gubernur Sumsel

Rabu, 10 November 2021 11:36 WIB
Gubernur Sumsel Herman Deru (kedua kiri) memberikan penghargaan ke GM PT KPI Unit Plaju Edy Januari Utama (Foto: Dok. Pertamina)
Gubernur Sumsel Herman Deru (kedua kiri) memberikan penghargaan ke GM PT KPI Unit Plaju Edy Januari Utama (Foto: Dok. Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru memberikan penghargaan ke PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit Plaju yang telah aktif mendukung implementasi Program Kampung Iklim (ProKlim) di Sumsel, khususnya di Kecamatan Plaju, Kota Palembang. Penghargaan diberikan ke General Manager (GM) PT KPI Unit Plaju Edy Januari Utama, dalam peresmian Gedung UPTD Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Pertahanan (DLHP) Sumsel, Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2021 sekaligus Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Herman berterima kasih ke para penerima penghargaan ProKlim 2021 serta Kalpataru. “Terima kasih kepada unsur Pemerintah Daerah se-Provinsi Sumsel maupun perusahaan yang telah turut menjaga lingkungan dengan ProKlim,” ujarnya, seperti dikutip pertamina.com.

Baca juga : Diendus KPK, Bukan Cuma Bupati Kuansing Yang Terima Duit Suap Pengurusan HGU Sawit

Herman menerangkan, saat ini sudah banyak tanda alam yang muncul, yang sepatutnya menjadi perhatian bersama, termasuk oleh pemerintah dan dunia usaha. Oleh karena itu, dia sangat mengapresiasi perusahaan yang memiliki kepedulian dalam melestarikan lingkungan.

Keterlibatan PT KPI Unit Plaju dalam mendukung implementasi ProKlim di Kecamatan Plaju telah dimulai sejak dua tahun terakhir. Keterlibatan ini merupakan bukti kepedulian perusahaan terhadap pelestarian lingkungan. RW 02 Kelurahan Plaju Ulu Kecamatan Plaju, yang menjadi penerima penghargaan ProKlim Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama 53 lokasi lainnya dari seluruh Indonesia, merupakan lokasi binaan Corporate Social Responsibility (CSR) PT KPI Unit Plaju.

Baca juga : Dubes Esti Andayani, Dorong Penguatan Kolaborasi Pendidikan Dunia Fashion

Sebagai sentra produksi tempe tertua di Kota Palembang, Kelurahan Plaju Ulu menghasilkan banyak limbah produksi. PT KPI Unit Plaju hadir menjawab permasalahan itu dengan menghadirkan Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL) yang dapat mengurangi bau dan dampak dari limbah yang dihasilkan.

Sejak beberapa waktu terakhir, PT KPI Unit Plaju juga aktif melakukan pendampingan terhadap RW 016 Kelurahan Plaju Ulu. PT KPI Unit Plaju berperan dalam replikasi penerapan water barrel irrigation system untuk mendukung urban farming. Selain itu, terdapat kontribusi terhadap pelestarian lingkungan lainnya seperti menggelar pelatihan ecobrick, pelatihan pembuatan pupuk (Patra Composter), mendistribusikan pot kreasi dari limbah kain, serta distribusi tong sampah pilah.

Baca juga : Kilang Balikpapan Pertamina Siap Hasilkan Produk Berkualitas

Dalam pemberian perhargaan itu, turut hadir Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati, Kepala DLHP Sumsel, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkokimda), seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah Sumsel, Bupati dan Wali Kota se- Sumsel, serta perwakilan penerima penghargaan ProKlim dan Kalpataru.

Usaha yang terus berkelanjutan yang dilakukan PT KPI RU III Plaju dalam mendukung implementasi ProKlim di Kecamatan Plaju selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) kesebelas yakni menjadikan kota dan pemukiman inklusif, aman, tangguh dan berkelanjutan. PT KPI Unit Plaju melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) berkomitmen untuk berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs berdasarkan penerapan pada prinsip-prinsip ESG (environmental, social, and governance). [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.