BREAKING NEWS
 

Cegah Gagal Ginjal Akut Meluas

Waketum Partai Garuda Usulkan 2 Langkah Ini

Reporter : AHMAD LATHIF ROSYIDI
Editor : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Selasa, 25 Oktober 2022 12:31 WIB
Waketum Partai Garuda Teddy Gusnaidi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Umum dan Juru Bicara Partai Garuda Teddy Gusnaidi meminta pemerintah dan stakeholder terkait bertindak cepat untuk mencegah kasus gagal ginjal akut melebar dan semakin berbahaya.

Menurut Teddy, dibandingkan kasus Covid-19, kasus gagal ginjal akut penyebabnya sudah diketahui, yaitu obat, dan jenis obatnya juga sudah diketahui.

"Tapi jika cara pencegahannya tidak tepat, maka hal ini akan menjadi masalah besar. Ada 2 hal menurut saya yang harus segera dilaksanakan secara cepat dan merata," kata Teddy Gusnaidi, Selasa (25/10).

Baca juga : Thomas Doll Yakin PSSI Bisa Putuskan Waktu Tepat Liga 1 Bergulir Lagi

Ia merinci, langkah-langkah teknis untuk memitigasi kasus yang banyak menimpa anak-anak tersebut. Pertama, menarik semua obat-obatan penyebab penyakit tersebut di semua tempat oleh aparat kepolisian dan TNI, karena mereka yang terlengkap dan ada di seluruh pelosok Tanah Air. 

Adsense

"Jadi dalam sehari, semua obat tersebut hilang dari seluruh apotik, supermarket, mini market, warung dan tempat-tempat penjualan lainnya," tuturnya. 

Kedua, bekerja sama dengan seluruh operator telekomunikasi untuk mengirimkan SMS maupun Whatsapp ke seluruh nomer ponsel yang ada, agar stok obat-obatan di rumah yang menjadi penyebab gagal ginjal akut dibuang.

Baca juga : Dinkes DKI Dorong Orangtua Lakukan Deteksi Dini

"Dengan begitu maka dapat dipastikan di setiap rumah di seluruh indonesia mendapatkan informasi yang sama, tidak simpang siur sehingga mereka bisa membuang obat-obatan tersebut," jelasnya.

Nah persoalannya, kata Teddy, terkadang rakyat tidak memahami penjelasan dari otoritas karena kebanyakan memakai bahasa ilmiah yang sulit dimengerti.

"Jangan informasikan menggunakan bahasa ilmiah, seperti kandungan obat-obatan, karena tidak semua orang mampu memahaminya. Langsung saja menyebutkan nama atau merek obat, sehingga masyarakat dengan mudah mencocokkan dengan stok obat di rumah," ingat Teddy.

Baca juga : Pemerintah Datangkan 200 Fomipizole Dari Singapura, Harganya Rp 16 Juta Per Vial

"Dengan begitu, maka hanya dibutuhkan waktu sehari saja, seluruh obat-obatan yang diduga penyebab gagal ginjal akut musnah, sehingga bisa menghentikan bertambahnya korban gagal ginjal akut yang menyasar anak-anak di negeri ini," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense