BREAKING NEWS
 

Target 20 Persen Suara Golkar Di Pemilu 2024 Realistis

Reporter : IRANDI KASMARA
Editor : WAHYU SURYANI
Senin, 26 Desember 2022 22:10 WIB
Foto: Ilustrasi/Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Peneliti Ahli Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro menganggap target 20 persen perolehan suara Partai Golkar pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2024, sangat mungkin dicapai, dan itu realistis. Meski tidak mudah.

"Yang jelas, dalam politik tidak ada yang tidak mungkin," tegas Zuhro di Jakarta, Senin (26/12).

Menurut Zuhro, Golkar perlu melakukan evaluasi secara utuh untuk menentukan apakah target 20 persen di Pileg 2024 bisa tercapai atau tidak.

Evaluasi pertama, menurutnya, perolehan suara Golkar pada Pileg 2019. Saat itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan partai berlambang beringin itu memperoleh 12,31 persen.

Kedua, kualitas caleg yang ditawarkan. Ketiga, program-program menarik yang ditawarkan Golkar. Keempat, partai dalam keadaan solid dan promising (menjanjikan) bagi masyarakat. Kelima, caleg harus disenangi voters (pemilih).

Baca juga : Pordasi DKI Targetkan Sapu Bersih Emas di PON 2024

Selanjutnya, barulah beringin bisa memproyeksikan perolehan suara pada Pileg 2024 dibandingkan Pileg 2019.

"Pertanyaannya, apakah setelah 5 tahun suara Golkar mampu melompat mencapai 20 persen?" ucap Zuhro.

Zuhro mengatakan, selama soliditas internal partai terjaga, Golkar berpeluang tidak mendapati hambatan besar yang bisa menganggu kerja-kerja politik untuk mencapai target tersebut.

"Prinsipnya, selama partai tak mengalami konflik atau perpecahan dan tindakan melanggar hukum seperti kasus korupsi, bisa diprediksi ke depan tidak mengundang masalah," ungkapnya.

Adsense

Zuhro menegaskan, keabsahan partai politik dalam menentukan target. Hal itu berguna untuk memompa semangat dan kinerja mesin politik partai.

Baca juga : Pelatih Prancis Disentil Mesut Ozil

Menurutnya, partai sah saja mematok angka capaian yang tinggi dalam pemilu 2024. Hal ini diperlukan untuk menyemangati dan memotivasi atau mendorong pengurus dan kader partai agar bekerja lebih keras mencapai 20 persen suara itu.

Solid Dan Fokus

Sementara, politisi Partai Golkar Dave Akbarshah Fikarno mengungkapkan, partainya menerapkan target perolehan suara 20 persen pada Pileg 2024. Menurutnya, target itu berlaku untuk semua kader.

Menurutnya, target itu bukanlah kemustahilan dan mempunyai peluang besar akan berhasil. "Sangat mungkin tercapai bila seluruh elemen partai solid dan fokus bekerja," tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membeberkan target yang harus dilakukan seluruh kader partai berlambang pohon beringin untuk meraih kemenangan di Pemilu 2024, yaitu Pileg, Pilpres, dan Pilkada Serentak tahun 2024.

Baca juga : Pemilu 2024 Nggak Ada Alasan Ditunda

"Targetnya, jelas 20 persen suara atau 115 kursi di DPR," tegas Airlangga.

Airlangga mengatakan, jika ada anggota DPR yang memperoleh 100 ribu suara, maka urusan Presiden bakal mudah.

Untuk mewujudkan target ini, Airlangga meminta para kader di berbagai tingkatan mulai menggelar kegiatan sebanyak-banyaknya. Selain itu, dia berharap para kader mulai merangkul masyarakat dan tokoh agama setempat.

Dia mengingatkan, kemenangan dalam Pemilu 2024 ini bisa menjadi kado indah dalam perayaan ulang tahun Golkar ke-60 tahun.

"Saya optimistis, Partai Golkar akan menjadi pemenang pada Pemilu 2024," ujar Airlangga.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense