Dark/Light Mode

Anggaran Besar, Pemilu 2024 Kudu Lebih Berkualitas

Sabtu, 17 Desember 2022 09:05 WIB
Ilustrasi Anggaran Pemilu.(Foto: Istimewa).
Ilustrasi Anggaran Pemilu.(Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Besarnya anggaran Pemilu 2024 kembali menjadi sorotan netizen. Anggaran yang besar diminta sebanding dengan penyelenggaraan yang berkualitas, jujur dan adil.

Akun @poliklitik mengungkapkan, awal Juni 2022 DPR bersama Pemerintah dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menyepakati anggaran Pemilu 2024 sebesar Rp 76,6 triliun. Lebih tinggi dari Pemilu 2019 sekitar Rp 25 triliun.

<a href=Anggaran Pemilu 2024" src="/my_admin/kcfinder/upload/images/Anggaran%20Pemilu%202024.jpg" style="max-width:100%;" />

“Angka Rp 76,6 triliun juga bakal melampaui biaya penyelenggaraan pemilu di Amerika Serikat (AS) 2016 lalu yang mencapai Rp 34 triliun. Membuat Pemilu 2024 di Indonesia bakal menjadi yang termahal nomor 2 di dunia. Worth it gak tuh,” ungkap @poliklitik.

Baca juga : Partai Ummat Gugat KPU

Akun @setaracuk mengatakan, anggaran pemilu terlalu besar. Berbanding terbalik dengan anggaran untuk mensejahterakan rakyat. “Pasti dibela-belain berapapun cuannya sama DPR. Tapi kalau kepentingan rakyat, dipersulit,” ujarnya.

“Worth it dong! Partainya kan berkualitas semua, kita harus mendukung Pemerintah menghamburkan uangnya demi kebahagiaan para pemangku kepentingan. Ayo, semua kerja keras lagi buat bayar pajak sampai tipes,” sindir @yorienhallatu.

Akun @tukangmieayam khawatir dengan besarnya biaya Pemilu 2024. Kata dia, takutnya dananya buat membayar buzzer, buat kampanye pakai jet pribadi, buat tukang sablon kaos, buat nyebar sembako.

Baca juga : Anggaran Pemilu Kok Masih Seret

“Bisa nggak sih partai itu nggak dimanjain duit biar nggak makin aneh pemilunya,” tanya dia.

Akun @yosnggarang mengungkapkan, anggaran Pemilu 2019 sebesar Rp 25,59 triliun dengan kotak suara menggunakan kardus dan digembok. Kemudian, 894 orang meninggal, korupsi dan menyisakan polarisasi.

“Pemilu 2024, anggaran naik Rp 76,6 triliun. Tahapan verifikasi sudah bermasalah, dan satu komisioner diduga tersandung skandal seks,” ungkap dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.