BREAKING NEWS
 

Dapil I Provinsi Sumatera Barat

Partai Besar Bisanya Cuma Main Aman

Reporter : SUSILO YEKTI
Editor : ERWIN TAMSAL
Kamis, 17 Januari 2019 10:30 WIB
Andre Rosiade (kiri) caleg dari Partai Gerindra, Alex Indra Lukman (tengah) caleg dari PDI Perjuangan dan Endre Saifoel (kanan) caleg dari Partai Nasdem.

RM.id  Rakyat Merdeka - Peta persaingan caleg di Daerah Pemilihan I Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) biasa-biasa saja. Partai besar  main aman: memilih menurunkan petahana atau incumbent.

Sumatera Barat merupakan provinsi dengan mayoritas warganyaberetnis Minangkabau. Provinsi ini juga dikenal sebagai asal muasal masakan rendang dan tempat berdirinya Istana Pagaruyung.  Pemilih di Dapil I Sumbar nantinya dapat memilih satu dari 108 caleg. Ratusan calon wakil rakyat ini akan bersaing memperebutkan 8 kursi DPR dari Kepulauan Mentawai, Padang, Solok, hingga Tanah Datar. Artinya, 1 kursi akan diperebutkan paling tidak oleh 11 caleg. 

Baca juga : Eks Menteri Jokowi, Senator & Tokoh Nasional Turun Lagi

PKB misalnya, seakan dendam tidak mendapatkan kursi sebijipun pada Pileg 2014 membuat partai ini menurunkan politisi seniornya, Azwandi Rahman. Azwandi merupakan Ketua Dewan Syuro PKB Sumbar. Tahun 2008, dia pernah menjabat Ketua Dewan Tanfidz DPW PKB Sumbar. 

Tidak sampai di situ. PKB pun menjagokan Azwandi bersama 7 caleg lainnya. Salah satu paling menonjol adalah H Suherman Tuanku Rajo Disambah (TRD). Dia adalah salah satu tokoh muda Sumbar. 
Partai Gerindra tidak mau ketinggalan. Partai besutan Prabowo Subianto kembali menurunkan petahana H Suir Syam. Selain ini menerjunkan Juru Bicara Badan Aman’ Pemenangan Nasional Paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade. 

Baca juga : Kursi DPR Tambah 1, Daya Tawar Nelayan Tinggi

Si Kepala Garuda juga menerjunkan Edriana. Dia mantan aktivis perempuan sekaligus pengurus lembaga riset nirlaba Woman Riset Institute (WRI).PDI Perjuangan juga main aman. Partai Megawati ini mendapuk petahana Alex Indra Lukman. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense