Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Dapil II Provinsi Sumatera Selatan

Tersedia 9 Kursi DPR, Alex Noerdin Disaingi Bekas Bupati

Kamis, 10 Januari 2019 11:13 WIB
Alex Noerdin (kiri) caleg dari Partai Golkar, Yudha Pratomo Mahyuddin (tengah) caleg dari Partai Demokrat dan Syahril Hanafiah (kanan) caleg dari Partai Nasdem.
Alex Noerdin (kiri) caleg dari Partai Golkar, Yudha Pratomo Mahyuddin (tengah) caleg dari Partai Demokrat dan Syahril Hanafiah (kanan) caleg dari Partai Nasdem.

RM.id  Rakyat Merdeka - Peta pertarungan Dapil II Sumatera Selatan (Sumsel) lebih ketat dibanding Pileg 2014. Selain petahana, pertarungan  di dapil ini didominasi mantan kepala daerah. Eks Gubernur, eks Bupati, serta mantan calon wakil gubernur.

DataKomisi Pemilihan Umum (KPU) menyebutkan, Dapil II Sumsel diikuti 118 caleg. Mereka memperebutkan 9 kursi DPR di wilayah Ogan Komering ilir (OKI), Kota Prabumulih, Muara Enim, Penukal Abab Lematang Ilir, Lahat, Empat Lawang, Kota Pagar Alam, Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Ogan Komering Ulu (OKU)Utara dan Ogan Komering Ulu (OKU) Timur.

Baca juga : Lury Alex Berjuang Sendiri, Edhy Prabowo Butuh Kekompakan

Dapil Sumsel II juga diikutipetahana dan new comer. Bedanya, persaingan tidak berkutat pada dua kategori caleg, petahana vs new comer saja. Dapil ini juga diikuti sejumlah politisi nasional.

Partai Golkar misalnya, selain menurunkan petahana Bobby Adhityo Rizaldi juga menjagokan mantan Gubernur Sumsel Alex Noerdin. Kepiawaian Alex di kancah politik nasional maupun ajang pemilu tidak bisa dianggap enteng. Buktinya, pria kelahiran Palembang 68 tahun itu pernah menjadi Bupati Musi Banyuasin (Muba) 2 periode (2001-2006 dan 2007-2012) dan Gubernur Sumsel dua periode (2008-2013 dan 2013-2018).

Baca juga : Aziz Syamsudin Modal Bismillah, Dwita Ria Jaga Basis Massa

Partai Nasdem tidak kalah gahar.Partai besutan Surya Paloh itu, selain menurunkan kembali Irma Suryani, juga mendrop Syahril Hanafiah. Nama Syahril sudah tak asing lagi di Kabupaten Empat Lawang. Dia adalah eks Bupati Empat Lawang. PKS juga bermanuver. Partai pimpinan Sohibul Iman ini menempatkan petahana plus politisi nasional. Mereka menerjunkan incumbent Mohd Iqbal Romzi dan Ketua DPW PKS Sumsel, Imam Mansur.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.