BREAKING NEWS
 

7 Parpol Non-Parlemen Kompak Minta RUU Pemilu Distop

Reporter : BOY SAKTI HAPSORO
Editor : UJANG SUNDA
Minggu, 7 Juni 2020 15:35 WIB
Pertemuan 7 Sekjen Parpol nonparlemen via Zoom. (Foto: istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 7 sekjen parpol nonparlemen kompak menolak RUU Pemilu disahkan. Tergabung di dalam Forum Sekjen pro-demokrasi, mereka menggelar pertemuan via zoom dan sepakat menolak kenaikan ambang batas parlemen alias parliamentary threshold (PT) menjadi 7 persen.

Sekjen Partai Hanura Gede Pasek Suardika menyebut, puluhan juta suara pemilih akan hangus apabila RUU Pemilu ini disahkan. Suara rakyat tidak hitung jika parpol yang dipilih tidak lolos ambang batas PT 7 persen

Baca juga : Cegah Corona, Kemhan Minta Pegawainya Dinas Di Rumah

“Filosofi krusial yang hilang dari RUU Pemilu adalah tentang keadilan dan persatuan. Tampak jelas dipertontonkan. Bahwa hasrat kekuasaan secara terang benderang mengalahkannya” ujar Pasek.

Adsense

Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso menekankan pada potensi risiko jumlah suara pemilih yang hilang. “Menjadi kegelisahan bersama, tentang besarnya kemungkinan suara pemilih yang hangus. Kami merasa wajib hadir menjadi penyeimbang informasi ke masyarakat; bahwa risiko (hangusnya puluhan juta suara) itu nyata adanya” ujar Priyo.

Baca juga : Mendagri Pelajari Usulan Pileg dan Pilpres Dipisah

Di sisi lain, Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Ferry Noor mengungkapkan fakta bahwa kondisi ini relatif sama seperti yang dihadapi di Pemilu 2009, 2014, dan 2019. “Ya berproses di MK (Mahkamah Konstitusi) lagi. Tapi apa kita akan terus menerus buang-buang energi seperti ini, setiap lima tahun? Hanya untuk melawan arogansi dan hasrat berkuasa yang berlebihan ini?” tegasnya.

Sementara itu, Sekjen PKPI Verry Surya Hendrawan menyebut pertemuan lintas sekjen nonparlemen ini akan terus dilakukan. Pihaknya juga akan mengajak parpol di Senayan yang senada menolak regulasi ini seperti PAN, PPP, dan Partai Demokrat.

Baca juga : Mendes dan Mentan Teken Kerja Sama Tingkatkan Pertanian Desa

“Dan tentu saja juga (komunikasi) dengan para sahabat DPR yang mengusulkannya. Segera kami jadwalkan untuk bertemu, dan Insyaallah dapat menghasilkan terbaik untuk bangsa dan negara tercinta,” ujar Verry.

Acara ini dihadiri tujuh sekjen nonparlemen. Yaitu, Priyo Budi Santoso (Partai Berkarya), Afriansyah Ferry Noor (PBB), Gede Pasek Suardika (Hanura), Abdullah Mansuri (Garuda), Ahmad Rofiq (Perindo), Raja Juli Anthoni (PSI), dan Verry Surya Hendrawan dari PKPI. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense