Dark/Light Mode

Profil 12 Wamen

Anak Tanoe Bukan Sekadar Pemanis

Sabtu, 26 Oktober 2019 07:17 WIB
Angela Putri Tanoesudibjo saat datang ke Istana Kepresidenan, sebelum dilantik menjadi wakil menteri, Jumat (25/10). (Foto: Randi Tri Kurniawan/Rakyat Merdeka).
Angela Putri Tanoesudibjo saat datang ke Istana Kepresidenan, sebelum dilantik menjadi wakil menteri, Jumat (25/10). (Foto: Randi Tri Kurniawan/Rakyat Merdeka).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengangkat 12 wamen untuk melengkapi komposisi Kabinet Indonesia Maju. Mereka berasal dari berbagai kalangan. Ada politisi, relawan, pengusaha, dan profesional. Ada juga bankir dan birokrat.

Kehadiran para Wamen bukan hanya menjadi pemanis saja. Bagi sebagian orang, nama-nama wamen sudah akrab di telinga. Tapi bagi orang awam, nama-nama tersebut mungkin masih asing karena jarang muncul di televisi.

Jokowi memperkenalkan dan melantik mereka melalui prosesi yang sama saat memperkenalkan para menteri. Hanya saja prosesnya lebih cepat dan singkat. Alhasil, para wamen harus bolak balik ke Istana.

Para wamen lebih dulu menghadiri semacam audisi yang digelar pagi hari. Proses ini yang paling menarik. Bikin penasaran. Mengenakan kemeja putih, mereka datang satu per satu ke Istana.

Berita Terkait : Para Menteri Jangan Korupsi

usai bertemu Jokowi, mereka bicara soal tugas yang diberikan Jokowi. Ada yang lugas, ada yang berahasia.

Dari 12 nama, ada satu perempuan. Namanya Angela Putri Tanoesudibjo. Masih muda. Baru 32 tahun. Ia yang paling terakhir diperkenalkan. Jokowi menunjuknya sebagai partner Wishnutama Kusubandio.

“Masih muda. Pengusaha berpengalaman di bidang media. Pintar promosi sehingga kita berikan kepercayaan jadi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” kata Jokowi.

Angela di harapkan mampu menggenjot jumlah wisatawan asing ke dalam negeri. Angela adalah putri sulung dari Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo. Sebelum terjun ke dunia politik, Angela berkarir di dunia media selama hampir 10 tahun.

Berita Terkait : Dukung Penuh Angela Jadi Wamen, Perindo Pastikan Tak Akan Minta Proyek

Dia mengenyam, pendidikan S1 di University of Technology Sydney pada 2006. Setelah lulus, dia melanjutkan studi S2 di Uni versity of New South Wales. Kemudian pada 2001, ia bergabung di Group MNC sebagai staf keuangan di MNC Group.

Saat ini, dia menjadi Komisaris di MNC sekaligus Wakil Direktur RCTI dan GTV. Agar fokus sebagai wamen, Angela menyatakan akan mundur dari 2 posisi tersebut.

Selain Angela, dari kalangan politisi ada nama Zainut Tauhid. Jokowi menunjuknya sebagai Wakil Menteri Agama. Zainut merupakan politisi PPP yang juga menjadi Wakil Ketua MUI.

Zainut lahir di Jepara, Jawa Tengah, 20 Juli 1963. Perjalanan karier berorganisasi Zainut dimulai sejak bangku kuliah dan menjabat Ketum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) selama 10 tahun.

Berita Terkait : Pantang Menyerah, Surya Tjandra Sukses Jadi Wakil Menteri

Dari kader parpol ada juga nama Jerry Sambuaga. Politisi Golkar ini ditunjuk sebagai Wakil Menteri Perdagangan. Jerry adalah putra politisi senior Golkar Theo Sambuaga. Jerry adalah anggota Komisi I DPR pada 2014 - 2019. Jerry mengaku diminta Jokowi untuk membantu dalam isu-isu perjanjian internasional dan perdagangan internasional.
 Selanjutnya