BREAKING NEWS
 

Kalau Nggak NU, Ya Purnawirawan

Mahfud Dan Andika Masuk Kriteria Cawapres Ganjar

Reporter : FAQIH MUBAROK
Editor : WIDIA SAPUTRA
Sabtu, 23 September 2023 07:30 WIB
Bakal calon presiden dari partai PDI Perjuangan Ganjar Pranowo menyampaikan gagasan di UGM, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (19/9/2023). (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
"Mahfud berpeluang mengacak-acak mesin politik PKB yang hendak mengonsolidasikan basis pemilih nahdliyin untuk Muhaimin Iskandar, Cawapres Anies Baswedan. Utamanya di Jawa Timur dan Jawa Tengah," tutur Khoirul dalam pesannya.

Selain soal basis massa, track record Mahfud menjadi nilai lebih. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu potensial menggaet swing voters kalanganmenengah terdidik, yang suaranya mempengaruhi pilihan publik secara luas.

Kekurangannya, Mahfud bukan kader partai politik. Sehingga, tidak punya dukungan kekuatan politik besar yang bersumber dari parpol. Baik Mahfud, maupun Cawapres lainnya yang nonparpol, perlu penjaminan dari PDIP dalam kaitannya dengan partai koalisi.

Baca juga : TGB: TPN Tak Cawe-cawe Urusan Cawapres Ganjar

"Bagaimana caranya agar PPP, satu-satunya partai parlemen di poros Ganjar ini tetap stay. Apalagi PPP sejak lama telah menyodorkan nama Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) partainya Sandiaga Uno," kata staf pengajar Universitas Paramadina ini.

Sebelumnya, Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres DPP PDI Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah mengungkapkan, Megawati biasanya punya kecenderungan memilih Cawapres dari dua referensi. Yakni, tokoh NU atau purnawi­rawan TNI.

"Analisis saya jika melihat pengalaman dari sejarah. Ibu Megawati Soekarnoputri se­lalu mencari pendamping meru­juk pada dua referensi yakni Tokoh NU atau Purnawirawan TNI," kata Basarah saat bertemu denganrelawan Ganjar Pranowo Malang, belum lama ini.

Baca juga : Kalau Semua Setuju Mahfud Cawapres Ganjar, Hanura Oke Saja

PDIP, lanjutnya, pernah meng­gandeng Hamzah Haz, Hasyim Muzadi, Prabowo Subianto, Jusuf Kalla, dan KH. Ma'ruf Amin sebagai Cawapres.

"Itulah analisis saya dalam melihat cara berpikir Ibu Mega. Tokoh NU dan Purnawirawan TNI itu siapa? Silakan dilihat saat ini siapa tokoh yang ada," ujar Basarah.

Menurutnya, pengumuman keputusan Cawapres Ganjar Pranowo akan disampaikan langsung Megawati pada saat yang tepat.

Baca juga : Benarkan Mahfud Kandidat Cawapres Ganjar, Hasto: Tinggal Pencermatan

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 23/9/2023 dengan judul Kalau Nggak NU, Ya Purnawirawan, Mahfud & Andika Masuk Kriteria Cawapres Ganjar

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense