BREAKING NEWS
 

Imbauan Perludem

Pilih Capres-Cawapres Jangan Karena Gimmick

Reporter : AHMAD LATHIF ROSYIDI
Editor : ABDUL SHOMAD
Senin, 27 November 2023 06:45 WIB
Anggota PemĀ­bina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Selain itu, Titi mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan aparat penegak hukum harus netral dalam pemilu. Bila tidak netral, itu akan berbahaya bagi

demokrasi dan mencederai prinsip pemilu bebas dan adil. “Pasti ada ketidaksetaraan dalam kompetisi,” tandasnya.

Titi khawatir bila ASN dan aparat penegak hukum diguna­kan oleh pihak tertentu untuk memenangkan pertarungan pemi­lu. Bila hal itu terjadi, kompetisi dalam pemilu menjadi tumpang tindih, sehingga persaingan antar peserta menjadi tidak sehat.

Baca juga : Silakan Kampanye Pakai Bahasa Difabel

Jika itu terus berlanjut, maka pemerintah yang dihasilkan dari pemilu tersebut tidak akan ber­jalan efektif karena akan terus dirongrong dengan pemilu yang tidak netral dan tidak adil.

Masyarakat juga tidak akan percaya dengan tokoh yang menjadi produk pemilu tersebut. Dia mengatakan, tokoh yang dihasilkan dari produk pemilu yang tidak sehat merupakan tokoh yang tidak kredibel.

“Kami berharap Pemerintah dan seluruh pihak penyelenggara pemilu mau menjalankan proses pesta demokrasi dengan adil demi menciptakan pemimpin yang kredibel,” pintanya.

Baca juga : Gugatan PMH Pendaftaran Capres-Cawapres Prabowo-Gibran di PN Jakpus Diputus Gugur

Lebih lanjut, Titi mengajak pe­milih untuk berdaya. Pemilih harus didorong tidak hanya melihat pe­milu saat hari pencoblosan suara, tapi juga rangkaian yang menyertainya sejak masa pendaftaran calon, kampanye dan masa tenang.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tiga pasangan cap­res-cawapres sebagai peserta Pil­pres 2024. Yakni, Anies Baswe­dan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2 dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Selain itu, KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023-10 Februari 2024, dan jadwal pen­coblosan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga : Dukungan Perangkat Desa Ke Capres-Cawapres Berpotensi Pada Pelanggaran Pemilu

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 27/11/2023 dengan judul Imbauan Perludem, Pilih Capres-Cawapres Jangan Karena Gimmick

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense