BREAKING NEWS
 

Melihat Sejumlah Hasil Survei

Pilpres 1 Putaran Masih Khayalan

Reporter : BAMBANG TRISMAWAN
Editor : SISWANTO
Minggu, 10 Desember 2023 08:30 WIB
Penetapan nomor urut pasangan Capres dan Cawapres Pemilu 2024. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Ada tiga mesin politik yang terus bergerak. Yakni mesin relawan Jokowi, relawan Prabowo, dan relawan Gibran. “Keyakinan kami ini berdasarkan kerja-kerja politik para relawan,” kata Noel, saat dikontak Rakyat Merdeka, Sabtu.

Sementara itu, Juru Bicara (Jubir) Timnas AMIN, Usamah Abdul Aziz mengatakan, hasil survei tersebut menjadi masukan. Kata dia, Timnas AMIN terlecut untuk terus menyampaikan visi misi serta gagasan kepada masyarakat agar lebih dikenal.

“Jadi apa yang dilakukan kami saat ini mungkin mirip di DKI dulu. Di mana hasil survei berada di nomor urut 3 dan kemudian naik ke posisi kedua, akhirnya kami bisa memenangkan, dan ini bisa terulang lagi pada Pilpres 2024 ini,” kata Usamah, Sabtu.

Baca juga : SIM Keliling Bekasi Senin 4 Desember Hadir Di Mitra 10 Harapan Indah

Ketua TPN Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid mengajak relawan untuk bersikap skeptis dan kritis terhadap hasil survei elektabilitas capres-cawapres. Menurut dia, hasil survei seringkali tidak mencerminkan hasil resmi, seperti yang terjadi pada pemilihan gubernur Jawa Tengah tahun 2013.

Arsjad juga mengajak relawan untuk optimistis terhadap peluang Ganjar-Mahfud meraih kemenangan dalam satu putaran. Dia mengajak seluruh relawan agar memanfaatkan masa kampanye yang tinggal 66 hari lagi untuk lebih memperkenalkan pasangan nomor urut 3 kepada masyarakat.

Pengamat politik Emrus Sihombing memprediksi Pilpres 2024 akan digelar dua putaran. Menurut dia, tidak mungkin pilpres berlangsung satu putaran seperti diyakini sejumlah pihak. Emrus mengatakan untuk bisa berlangsung satu putaran salah satu pasangan harus memenangi suara 50 persen plus satu.

Baca juga : Dedi Kurnia Syah: Tak Ada Larangan Rangkap Konsultan

“Secara rasional saya pikir sulit untuk satu putaran karena tiga pasangan calon untuk mencapai suara 50 persen plus satu sangat sulit,” kata Emrus saat dihubungi di Jakarta.

Pengamat politik Hendri Satrio menyampaikan hal serupa. Kata dia, Prabowo-Gibran memang ingin menang satu putaran. Pasalnya, kalau berlangsung dua putaran akan sulit menang.

Namun, kalau ternyata Pilpres berlangsung 2 putaran, Hensat-sapaannya, memprediksi peluang Prabowo-Gibran bakal kecil. “Siapapun yang akan menghadapi Paslon 02, baik itu pasangan nomor 01 maupun pasangan nomor 03, itu bisa jadi pemenangnya,” pungkasnya.

Baca juga : Pilpres 2024 Diprediksi Sulit Satu Putaran, Berikut Ini Syarat Pilpres 2 Putaran

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 10/12/2023 dengan judul Melihat Sejumlah Hasil Survei, Pilpres 1 Putaran Masih Khayalan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense