BREAKING NEWS
 

Jika Kembali Berpasangan

Khofifah-Emil Bisa Menang Lagi Di Pilkada Jatim 2024

Reporter : SUSILO YEKTI
Editor : ERWIN TAMSAL
Kamis, 15 Desember 2022 07:45 WIB
Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak, berpeluang kembali berpasangan pada Pilkada 2024. Pasalnya, keduanya saling membutuhkan dan melengkapi untuk memenangkan kontestasi tersebut.

Pengamat politik Universitas Airlangga (Unair) Ali Sahab menilai, peluang kemenanganpasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak cukup be­sar, jika kembali diduetkan pada gelaran Pilkada 2024.

“Khofifah masih membutuhkan mil, karena bisa menjadi vote getter pemilih pemula. Selain itu, ada efek Arumi Bachin sebagai artis, bisa memperkuat suara Emil digelaran Pilkada 2024,” ujar Ali kepada wartawan, kemarin.

Menurutnya, mil juga masih membutuhkan Khofifah untuk memenangkan gelaran Pilkada mendatang.

Baca juga : Ini Catatan Rekor Kiper Kroasia Dominik Livakovic, Di Piala Dunia 2022

Politikus Partai Demokrat itu masih membutuhkan Khofifah karena memiliki pemilih loyal, di antaranya dari Muslimat dan Fatayat Nahdlatul Ulama (NU).

“Kalau dilihat secara kinerja, kepemimpinan Khofifah-Emil tidak terlalu istimewa. Namun, duet keduanya di Pilkada 2024 masih sangat kuat dan memiliki potensi besar menang,” jelas dia.

Namun begitu, lanjut dia, pecah kongsi antara Khofifah-Emil, juga berpeluang terjadi pada gelaran Pilkada mendatang. ked­uanya tidak akan berpasangan, jika Khofifah maju pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Adsense

“Potensi ‘pisah ranjangnya’ antara Khofifah dan Emil, mung­kin lebih karena Khofifah dila­mar sebagai calon wapres (wakil presiden) bukan karena ketidak­harmonisan dengan Emil. Tapi, kalau Khofifah tidak dilamar menjadi calon wakil presiden, keduanya mungkin masih ber­pasangan,” urai dia.

Baca juga : Nelayan Pantai Labu, Deli Serdang Kini Bisa Menikmati Program Solar Murah

Selain pasangan Khofifah-Emil, Ali mengatakan, Bupati Sumenep Achmad Fauzi juga memi­liki peluang besar untuk maju dan menangkan Pilkada 2024.

Sebab, dia satu-satunya tokok Madura yang masuk bursa calon gubernur Jatim 2024, sehingga masyarakat Madura bakal solid mendukung Achmad Fauzi.

“Suara Madura akan solid, jika ada calon yang mempunyai ketokohan yang kuat, serta modal kapital dan sosial yang kuat,” ucap dia.

Menurut Ali, jarangnya figur Madura yang maju pada Pilgub Jatim bukan karena faktor ketoko­han. Namun, kedekatannya den­gan suatu partai politik (parpol).

Baca juga : Taufik Serukan KAHMI Menangkan Anies di Pilpres 2024

“Saya kira, ada juga tokoh Madura yang mumpuni, seperti Mahfud MD. Namun, ketika dikaitkan dengan Pilgub, kadang tidak berbanding lurus, salah satunya karena bukan orang partai,” tuturnya.

Diketahui, Bupati Sumenep Achmad Fauzi, menjadi tokoh Madura yang belakangan men­cuat pada bursa Pilgub Jatim.

Bahkan, sebagaimana hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), dia meraup elektabilitas tertinggi saat diduetkan dengan Khofifah Indar Parawansa dan bersaing dengan pasangan lain.

Dalam riset tersebut, duet Khofifah-Fauzi berada di urutan teratas dengan 41,3 persen, dis­usul pasangan Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak-Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, dengan raihan 19,5 persen dan pasangan Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf-Kepala LKPP Abdullah Azwar Anas, dengan raihan 15,7 persen. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense