BREAKING NEWS
 

Pengalaman Pahit Di Halmahera Barat

PAN Ogah Gegabah

Reporter : SUSILO YEKTI
Editor : ERWIN TAMSAL
Rabu, 8 Maret 2023 07:35 WIB
Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Halmahera Barat, Dasril Hi Usman. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Amanat Nasional (PAN) tidak mau terburu-buru mengumumkan nama pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Barat di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Setiap nama yang masuk, baik karena aspirasi masyarakat maupun atas usulan kader, akan diseleksi ketat untuk memperlebar peluang menang.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Halmahera Barat, Dasril Hi Usman menceritakan, partainya punya pengala­man pahit di Pilkada Halmahera Barat 2020. Saat itu, jagoan mereka, Danny Missy-Imran Lolori, kalah dari pasangan James Uang-Djufri Muhammad. Ini disebabkan pihaknya terburu-buru mengumumkan nama paslon.

Kekalahan di Pilkada 2020, sebut Ketua Komisi II DPRD Halmahera Barat ini, tidak boleh terulang di Pilkada 2024. Sebab itu, nama-nama yang masuk untuk Pilkada Halmahera Barat kini harus melalui proses seleksi ketat, agar peluang menang jadi lebih besar.

Baca juga : Dirut Pertamina: Jangan Panik, Stok BBM Di Jakarta, Banten & Jawa Barat Aman

“Kami punya pengalaman pa­hit di beberapa kali momentum pilkada Halbar. Untuk itu kami akan selektif dan hati-hati dalam bersikap,” tegasnya, kemarin.

Adsense

Saat ini, Dasril menegaskan, belum ada satu pun figur yang masuk radar, apalagi diseleksi partainya. Pihaknya, masih fokus pada usaha memenangkan Pemilu 2024.

Di Pemilu 2024, lanjutnya, PAN Halmahera Barat menargetkan mampu menambah perolehan kursinya menjadi 6 buah, dari semula 1 buah kursi. Seirama den­gan itu, pihaknya akan berusaha membawa partai lolos ambang batas parliamentary threshold dengan cara meloloskan kader dari Maluku Utara ke DPR.

Baca juga : Pesan Menag Di Rakernas: Jangan Korupsi Dan Cegah Politisasi Agama

“Salah satunya kami menargetkan mampu mengantarkan ketua DPW PAN Maluku Utara, Iskandar Idrus, sebagai anggota DPR ,” ujarnya.

Meski fokus pada pemilu, Dasril menyebut, PAN akan terus memantau dinamika Pilkada 2024. “Yang jelas kami welcome dan akan terus menjalin silaturah­mi dengan siapa saja,” tambah dia.

Terpisah, Ketua DPD NasDem Halmahera Barat, Djufri Muhamad menegaskan, par­tainya akan kembali mengusung James Uang dan dirinya sebagai paket paslon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Barat di Pilkada 2024. “Selaku kader partai saya tetap mentaati hasil Rakerda tersebut. Lagi pula saya bersama Bupati James masih serasi dalam memimpin pemer­intahan,” ujarnya.

Baca juga : Pengurus Pusat DMI Segera Rapat Membahas Rencana Muktamar

Untuk mengamankan tiket pilkada, dia bersama selu­ruh kader partai akan bekerja keras memenangi Pileg DPRD Halmahera Barat pada 2024 nanti. “Target Rakerda, NasDem Halmahera Barat harus ada peningkatan perolehan kursi minimal 100 persen capaian dari hasil pemilu 2019 lalu,” jelasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense