BREAKING NEWS
 

Survei Poltracking Indonesia

Machfud-Mujiaman Kalahkan Dominasi PDIP Di Surabaya

Reporter : EDY BURNAMA
Editor : ERWIN TAMSAL
Selasa, 3 November 2020 06:49 WIB

 Sebelumnya 
Sedangkan pemilih Generasi Z (<=22 Tahun) cenderung berimbang antara kedua pasangan. Lalu, berdasarkan basis kultur dan politik pemilih. Dari (57,4 persen) pemilih terafiliasi deng­an Nahdlatul Ulama,seba­nyak (57,8 persen) memilih Mach­fud Arifin-Mujiaman.

Se­dang­kan 33,2 persen warga Nah­dlatul Ulama (NU) memilih Eri-Armuji. Kemudian, pada pemilih terafilia­si dengan Muhammadiyah (7,4 persen),sebanyak (47,6 persen) memilih Eri Cahyadi-Armuji.

Di sisi lain, (43,9 persen) warga Muhammadiyah memilih Machfud-Mujiaman. Dalam survei ini juga menunjuk­kan konsistensi peta persebaran suara pemilih berdasarkan basis politiknya.

Baca juga : AS Puji Keberanian Indonesia Soal Laut Natuna Utara

Pasangan Mach­fud-Mujiaman yang diusung oleh 8 partai memiliki soliditas pemilih tinggi.

Masduri menilai, dalam survei ini mayoritas pemilih partai pengusung (PKB, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Golkar, PKS, Partai Nasdem, PAN dan PPP) terlihat solid memilih pasang­an Machfud-Mujiaman.

Pemilih PDIP yang notabene partai pe­ngusung utama dan PSI merupakan partai pendukung pasangan Eri-Armuji juga terlihat solid dengan memilih Eri-Armuji.

Baca juga : Eri-Armuji Dan Machfud-Mujiaman Saling Klaim Menang Survei

“Dengan waktu pelaksanaan Pilkada Surabaya sekitar satu bulan lagi,kemampuan kandidatdan tim menggarap pemilih yang belum menentukan pilihan (undecided voters) dan pemilih yang masih berubah (swing voters) menjadi kunci kemenangan,” tutupnya.

Pilkada Surabaya 2020 diikuti dua pasangan calon (paslon). Yakni Eri Cahyadi-Armuji. Pas­lon nomor urut 01 ini diusung PDI Perjuangan dan didukung PSI.

Sedangkan Machfud Arifin-Mujiaman dengan nomor urut 02 diusung koalisi 8 partai. Yakni PKB, PPP, PAN, Golkar, Ge­rindra, PKS, Demokrat dan Par­tai Nasdem serta didukung partai non-parlemen, yakni Partai Perindo. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense