BREAKING NEWS
 

Pegangannya Undang-undang

Bupati Trenggalek Terpilih Tolak Penambangan Emas

Reporter & Editor :
APRIANTO
Jumat, 12 Maret 2021 05:55 WIB
Bupati Trenggalek terpilih, Mochammad Nur Arifin. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Di samping tidak ada laporan sama sekali di meja kerjanya, Mas Ipin mempertanyakan mekanisme benefit untuk masyarakat Trenggalek ketika melakukan eksploitasi tambang emas.

Hal ini membuatnya berkesimpulan, masyarakat di sekitar objek pertambangan tidak banyak merasakan manfaat dari kegiatan eksploitasi itu.

Sebaliknya, lingkungan jadi rusak, lahan pertanian dan perkebunan terkalahkan, permukiman tergusur dan resistensi sosial meningkat. “Saya menyimpulkan ini tidak visibel untuk dilakukan di Trenggalek,” katanya.

Baca juga : Tolak Tambang Emas, Bupati Trenggalek Tuai Dukungan Petisi Change.org

Dia pun bertekad dengan sekuat tenaga agar rencana eksploitasi tambang emas tidak pernah terjadi.

Meski demikian, dia harus berkomunikasi dengan lintas stakeholder yang baik dan tidak perlu menggunakan cara arogansi.

“Saya berterima kasih kepada warga yang memperjuangkan hak-haknya sehingga tidak perlu lebih terprovokasi dan terpancing. Toh, kegiatan ini belum ada,” pungkasnya.

Baca juga : Nolak Tambang Emas, Trenggalek Pilih Emas Hijau Dan Biru

Sementara, Ketua Komisi II DPRD Trenggalek Pranoto menyebut, pihaknya akan me­mangil sejumlah dinas dan mitra kerjanya terkait persoalan penambangan emas di Kabupaten Trenggalek yang diduga sudah berizin.

Pranoto mengakui perizinan pertambangan yang ada di setiap wilayah merupakan wewenang dari provinsi. Tapi, pihaknya ingin mengetahui sampai sejauh mana keterlibatan Dinas Penanaman Modal dan Pelayaan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) dalam isu ini.

“Kita ingin menggali sejauh mana keterlibatan Dinas PMPTSP terkait isu-isu yang sudah berkembang, soal izin produksi PT SMN sudah keluar,” katanya.

Baca juga : Pesona Ikan Cupang Bikin Erick Terkenang Zaman Merintis Bisnis

Selain itu, ada isu dana jaminan dari perusahaan PT SMN yang belum ada investor mendanainya. Sehingga setelah melihat dan mendengar penjelasan dari dinas-dinas terkait, Komisi II DPRD Trenggalek berharap semuanya bisa memahami dan memaklumi adanya isu tersebut. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense