BREAKING NEWS
 

Isu Jelang Pilgub NTB 2024

Zul Dan Sitti Rohmi Retak?

Reporter & Editor :
APRIANTO
Minggu, 10 Oktober 2021 07:05 WIB
Zulkieflimansyah bersama Siti Rohmi Djalilah. (Foto: Antara/Ahmad Subaidi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Isu pecah kongsi Gubernur Nusa Tenggara (NTB) Zulkieflimansyah dan Wagub NBT Sitti Rohmi Djalilah (Zul-Rohmi) makin kencang. Bahkan, pasca Rohmi resmi menakhodai DPW NasDem NTB, desakan agar dia tak sepaket lagi dengan Zul -saapaan akrab Zulkieflimansyah- di Pilkada NTB 2024 pun terus mengemuka.

Pengamat politik dari Universitas Mataram, Saipul Hamdi menilai, dengan Rohmi sebagai nakhoda DPW NasDem NTB, membuat posisi Wagub NTB itu semakin kuat secara politik.

Baca juga : PAN Ngebet Duet Dengan Petahana

Arah dukungan NasDem itu bisa menjadi modal penting bagi Rohmi dan semestinya berani maju mencalonkan diri sebagai Calon Gubernur (Cagub) NTB 2024.

Saipul melihat, ada beberapa hal yang membuat Rohmi punya daya tawar kuat dan berpotensi menang. Antara lain, basis riil ja­maah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI).

Baca juga : SIM Keliling Polda Metro, Cek Di Sini Lokasinya

Apalagi, dia adalah juga kakak kandung dari M Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB), mantan Gubernur NTB dan Ketua PB NWDI. Tentu punya magnet kuat.

Dipastikan, sebagai adik kandung Rohmi, TGB akan all out memenangkan kakaknya di Pilgub NTB 2024. Belum lagi, lanjut Saipul, isu gender juga menjadi keuntungan tersendiri bagi Rohmi. Karena jumlah pemilih perempuan jauh lebih besar dari pemilih laki-laki.

Baca juga : Waspada, Pemilu 2024 Bakal Dihantui Hoaks

“Dengan mengemas isu gender semenarik mungkin, sangat berpotensi suara pemilih perempuan mendorong peningkatan elektabilitas Rohmi sebagai cagub,” paparnya.

Adsense

Menurut Saipul, kemenangan duet Zul-Rohmi di Pilkada 2018, tidak terlepas dari arah dukungan pemilih perempuan yang cukup besar. Rohmi menjadi satu-satunya kandidat perempuan di Pilkada NTB 2018.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense