BREAKING NEWS
 

Ayo Cepat Buat Proyek Padat Karya

Reporter & Editor :
KIKI ISWARA DARMAYANA
Sabtu, 21 Januari 2023 06:26 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA

 Sebelumnya 
Ekonomi Indonesia tahun 2022 masih bisa tumbuh 5,2 persen. Tapi karena tantangan global tahun ini jauh lebih berat dari tahun lalu, Bank Dunia dan IMF meramalkan ekonomi Indonesia akan tumbuh 4,8 persen saja.

Oleh karena itu, agar roda perekonomian rakyat di lapisan paling bawah tetap berputar, kita berharap pemerintah segera membuat proyek-proyek padat karya. Terutama proyek pembangunan jalan kabupaten, waduk-waduk kecil dan saluran irigasi.

Baca juga : Ekonomi Rakyat Tidak Boleh Mati

Para penggangguran dan korban PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) bisa bekerja di proyek-proyek padat karya. Dengan bekerja di proyek padat karya, mereka akan memperoleh penghasilan rata-rata Rp 600 ribu hingga Rp 750 ribu per minggu.

Uang yang diperoleh dari proyek padat karya, plus bantuan sosial tunai bisa dipakai untuk membeli beras dan lauk pauk. Artinya, dengan adanya proyek padat karya, rakyat tak akan kelaparan.

Baca juga : Super Hati-hati Di Tahun Sulit

Supaya proyek padat karya bisa berjalan sepanjang tahun dan tersebar luas di seluruh pelosok daerah, alokasi anggarannya mesti berada di bawah Kementerian PUPR.

Kalau perlu anggaran pembangunan kementerian lain, sebagian dialihkan untuk proyek padat karya dan ditangani Kementerian PUPR.

Baca juga : Super Waspada Di Tahun Baru

Pemerintah provinsi, kabupaten dan kota juga perlu secepatnya membuat proyek-proyek padat karya.

Dengan adanya proyek padat karya, orang-orang miskin akan tertolong dan mereka yang hampir miskin tidak akan turun kelas jadi miskin. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense