Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cepat Banjiri Pasar Dengan Sembako

Sabtu, 3 Desember 2022 06:39 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

RM.id  Rakyat Merdeka - Sudah saatnya pemerintah mem­banjiri pasar dengan sembako, teru­tama beras, gula, kedelai dan minyak goreng. Ini penting untuk mence­gah melonjaknya harga sembako menjelang Natal dan Tahun Baru.

Untuk menolong rakyat di level bawah, sudah saatnya pula, pemerintah membanjiri pasar dengan telur, daging ayam dan daging sapi.

Kita juga berharap, pemerintah melakukan operasi pasar beras dan minyak goreng di daerah-daerah non produsen komoditi pangan tersebut.

Baca juga : Beras Tidak Boleh Langka

Menjelang Natal dan Tahun baru tak boleh terjadi kelangkaan sembako. Beras, minyak goreng dan gula harus selalu tersedia di pasar-pasar tradisional. Dengan harga yang terjangkau rakyat kecil.

Begitu ada tanda-tanda harga bakal melonjak, cepat banjiri pasar. Kemu­dian, lakukan operasi pasar di perkampungan padat penduduk. Sehingga orang-orang yang ada di lapisan paling bawah tetap bisa membeli sembako dengan harga murah.

Kementerian Perdagangan, pemerintah provinsi, kabupaten dan kota harus bersiap-siap melakukan operasi pasar. Supaya efektif dan menjangkau daerah-daerah terpencil, operasi pasar mesti dilakukan bersama-sama BUMN dan pengusaha anggota Kadin.

Baca juga : Jaga Ketahanan Ekonomi Rakyat

Kita juga berharap petugas Kementerian Perdagangan dan Tim Satgas Pangan Polri turun ke lapangan menginvestigasi, apakah ada mafia pangan yang mulai bermain. Begitu ada tanda-tanda mafia pangan menimbun sembako, cepat tindak dan jebloskan ke penjara.

Tindakan serupa, harus dilakukan para gubernur, bupati dan walikota. Begitu ada tanda-tanda spekulan ber­main, cepat minta aparat kepolisian bertindak tegas.

Orang-orang yang ada di lapisan paling bawah selalu berharap bisa mendapatkan sembako dengan harga murah. Mereka umumnya belanja harian untuk makan sehari-hari. Kalau tiba-tiba harga melonjak, pasti mereka terpukul.

Baca juga : Covid Ganas Lagi, Ayo Cepat Booster

Oleh karena itu, sebelum harga sembako melangit, cepat banjiri pasar. Kalau perlu, operasi pasar dilaku­kan mulai awal Desember 2022 ini, sehingga harga sembako bisa stabil hingga tahun baru nanti. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.