Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Covid Ganas Lagi, Ayo Cepat Booster

Sabtu, 12 November 2022 06:42 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

RM.id  Rakyat Merdeka - Virus Covid-19 menyerang lagi. Mengganas lagi. Penambahan kasus positif Covid dalam sepekan terakhir naik signifikan. Rata-rata 6.000 kasus per hari. Jumlah pasien meninggal dunia juga meningkat. Rata-rata lebih dari 30 orang per hari.

Oleh karena itu, kita tak boleh lengah. Gunakan masker di tempat-tem­pat umum. Jaga protokol kesehatan saat berada di tengah keramaian.

Kita tidak tahu kapan pandemi Co­vid-19 akan berakhir. Para epidemio­log juga belum bisa memperkirakan kapan pandemi Covid akan berubah jadi endemi.

Beberapa pakar ilmu kesehatan masyarakat memperkirakan, kasus positif Covid akan terus meningkat dan mencapai puncaknya pertengahan Januari 2023.

Baca juga : Jangan Sakiti Hati Rakyat

Data Kementerian Kesehatan menunjukkan, pada periode 4 Oktober- 8 November 2022, dari 1.373 kasus kematian akibat Covid, 84 persen di antaranya belum mendapatkan vak­sinasi dosis penguat (booster) dan 60 persen dari kasus kematian, berusia lebih dari 60 tahun.

Selain itu, dari 11.639 pasien dengan gejala sedang hingga kritis, 74 persen belum mendapatkan vaksinasi booster.

Kita berharap, mereka yang belum mendapatkan vaksinasi booster, se­cepatnya di-booster. Terutama yang berusia lanjut (lansia). Dengan vaksi­nasi booster, kita bisa menyelamatkan ribuan orang dari serangan fatal Covid.

Oleh karena itu, seluruh dinas kesehatan provinsi, kabupaten dan kota mesti menggenjot lagi vaksinasi di wilayahnya masing-masing. Sentra-sentra vaksinasi juga perlu diaktifkan kembali. Khusus untuk lansia, segera lakukan upaya jemput bola.

Baca juga : Korban PHK Rindu Bansos Uang Tunai

Kita juga berharap, Polri dan TNI melakukan hal serupa, yaitu mengak­tifkan lagi sentra-sentra vaksinasi di kantor Polres dan Kodim.

Para pemilik mal diharapkan segera membuka lagi sentra vaksinasi. Sehingga para lansia yang belum mendapatkan booster, bisa di-booster dalam suasana yang lebih santai dan nyaman.

Pada akhir Agustus lalu, Covid-19 subvarian baru ditemukan di be­berapa daerah.

Karena angka penularannya cukup tinggi, vaksinasi booster harus diper­cepat, agar Covid-19 subvarian baru tidak menyebar kemana-mana.

Baca juga : Buang Jauh-jauh Niat Untuk Korupsi

Jadi sekali lagi, karena Covid-19 mengganas, kita harus selalu waspada. Pakai masker jika berada di tengah-tengah kerumunan. Kemudian ajak saudara atau teman yang belum divaksinasi booster, supaya mau di-booster. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.