BREAKING NEWS
 

Rapihkan Data Anggota, Pengurus Taekwondo Luncurkan Aplikasi TIIS

Reporter : WURYANTO
Editor : FAZRY
Rabu, 6 Juli 2022 21:00 WIB
Peluncuran aplikasi Taekwondo Indonesia Integrated System (TIIS), hadir Menpora Zainudin Amali (tengah), Ketua KONI Pusat Marciano Norman (kiri), dan Ketua Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) Letjen TNI (Purn) H. Thamrin Marzuki. (Dok. PBTI)

 Sebelumnya 
Uji coba implementasi TIIS dilakukan di empat daerah, yang difasilitasi oleh Pengkab TI Badung, Bali, Pengprov TI Sulawesi Tengah, Pengprov TI Gorontalo dan Pengprov TI Kalimantan Tengah. Uji coba dilakukan dalam bentuk registrasi dan penilaian di kegiatan Ujian Kenaikan Tingkat Geup.

Menurut Ketua Umum PBTI, program aplikasi yang diberi nama Taekwondo Indonesia Integrated System (TIIS) ini akan memberikan layanan menyeluruh terkait berbagai kegiatan taekwondo.

Dari yang berhubungan dengan tata kelola database keanggotaan (atlet, wasit maupun pelatih), aplikasi mengenai sistem pertandingan serta kegiatan tata kelola administrasi dan keorganisasian lainnya.

Baca juga : Sambut Liburan Sekolah, Harper MT Haryono Luncurkan School’s Out Funs In

“Aplikasi ini sangat bermanfaat dan efektif untuk perkembangan pembinaan dan pengembangan serta manajemen tata kelola organisasi yang modern dari tingkat Dojang (klub) hingga tingkat Pengurus Provinsi dan tingkat nasional di Pengurus Besar,” terang Ketua Umum.

Ketua Umum PBTI juga mengingatkan bahwa, perkembangan teknologi dan informasi di era industri 4.0, di mana digitalisasi komunikasi dan pemanfaatan jaringan teknologi digital informasi dibutuhkan di hampir seluruh bidang kehidupan, termasuk pengelolaan organisasi.

Menanggapi itu Menpora Zainudin Amali mengaku terkesan dengan program yang diluncurkan PBTI ini.

Baca juga : Dukung Transaksi Digital, Bank Artha Graha Luncurkan Aplikasi Agi

Menpora berniat untuk memaksa pengurus cabor lain untuk segera menyusul, terutama untuk cabor yang ada di bawah Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Untuk olimpiade yang terdapat di DBON, itu kan harus menunjukkan prestasi. Cara ini adalah cara bagus, sehingga akan mewajibkan untuk kita bisa selalu pantau,” katanya.

Tidak hanya itu, TIIS juga dianggap bersamaan dengan diterbitkannya UU No 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan. Dengan begitu upaya digitalisasi dapat berjalan.

Baca juga : Dukung Kreativitas Anak, Toys Kingdom Luncurkan 2 Karakter Anyar

“TIIS merupakan jawaban Pengurus Besar Taekwondo Indonesia untuk mengembangkan cabang olahraga taekwondo yang berlandaskan pada sistem manajemen tata kelola organisasi yang modern sesuai dengan kebutuhan dan harapan yang diinginkan oleh pemerintah, yang merujuk pada Undang-Undang No 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan” pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense