BREAKING NEWS
 

Resmi Dibuka, Piala Presiden Esports 2022 Tampilkan Keindahan Budaya Indonesia

Reporter : WURYANTO
Editor : SRI NURGANINGSIH
Kamis, 11 Agustus 2022 09:22 WIB
Foto: Istimewa

 Sebelumnya 
Sementara itu Ketua Harian PBESI Komjen Polisi Bambang Sunarwibowo, mengumumkan bahwa babak Grand Final Piala Presiden Esports 2022 pada November mendatang akan diselenggarakan di Jakarta.

"PBESI dengan bangga mengumumkan bahwa destinasi yang akan menjadi lokasi acara utama Piala Presiden Esports 2022 akan dilaksanakan di Jakarta. Jakarta dengan segala perkembangannya diharapkan dapat merepresentasikan kehangatan Indonesia," ujar Bambang Sunarwibowo, dalam keterangannya, Rabu (10/8).

Ia menambahkan, PBESI sungguh optimis bahwa kejuaraan ini mampu memperkuat potensi besar yang dimiliki Indonesia untuk berprestasi di bidang esports level dunia.

“Piala Presiden Esports 2022 secara khusus diarahkan agar mampu menjadi batu lompatan bagi atlet-atlet esports kita untuk masuk dan berkompetisi ke level internasional," ujarnya.

Menurutnya salah satu peluang istimewa yang dapat mereka raih adalah kesempatan untuk mengikuti turnamen Esports skala dunia, IESF World Championship 2022 yang akan digelar di Bali pada Desember mendatang.

Baca juga : Relawan Des Ganjar Makassar Gemakan Ganjar Presiden 2024: Figur yang Dibutuhkan untuk Indonesia Maju

Penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2022 mengusung set panggung dengan visual futuristik membuka gelaran PPE 2022 sambil memperkenalkan empat karakter, Hanuman, Gajahmada, Princess Komodo, dan Princess Mandalika.

Adsense

Penampilan DJ Kenny Gabriel membawakan medley theme song Piala Presiden 2019-2021 juga jadi sajian menarik. Acara semakin meriah dengan penampilan grup musik Scaller yang membawakan theme song Piala Presiden Esports 2022 berjudul ‘Wonders’.

Piala Presiden Esports 2022 merupakan kerja kolaborasi antara Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kemenko Kemaritiman dan Investasi, KemenKemenpornparekraf, Kemenkominfo, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), dan Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI).

Ketua Tim Business Matchmaking Kementerian Komunikasi dan Informatika Luat Sihombing mengatakan perkembangan esports bak bola salju yang tidak terhenti bahkan setelah masa pandemi.

Penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2022 tidak hanya akan berdampak positif terhadap ekosistem Esports, melainkan juga dari berbagai aspek termasuk ekonomi kreatif dan juga industri digital.

Baca juga : Tekuk Wakil DKI, Zaki Persembahkan Kemenangan Untuk Jateng

Terlebih, proyeksi revenue esports market sebesar 65M, diperkirakan empat tahun ke depan, fans Esports akan mencapai 28.3M se-Asia Tenggara. Luat Sihombing berharap gelaran Piala Presiden Esports 2022 dapat menjadi bukti bahwa Indonesia bisa menghelat sebuah turnamen esports dengan standar internasional.

"Kita yakin bahwa turnamen ini akan mencetak lebih banyak lagi talenta atlet esports, developer game, event organizer, ataupun profesi kreatif lainnya bagi sumber daya muda kita, serta membuka minat investor untuk masuk," ujarnya.

Sementara Ketua Pelaksana Piala Presiden Esports 2022 Rangga Danu Prasetyo menjelaskan, usai dilangsungkannya kick off, turnamen akan memasuki kualifikasi regional pada 12 September - 6 Oktober 2022 yang terbagi menjadi regional timur dan regional barat.

“Piala Presiden Esports 2022 semakin memantapkan esports sebagai cabang olahraga dengan prestasi yang semakin diperhitungkan di Indonesia. Harapannya, kejuaraan ini mampu menelurkan atlet-atlet terbaik yang siap untuk berlaga di turnamen level dunia,” ujar Rangga.

Piala Presiden Esports 2022 juga menjadi momentum bagi kalangan industri dan sektor swasta menunjukkan dukungannya terhadap pengembangan Esports di Tanah Air.

Baca juga : Tebar Aspirasi Ganjar  Presiden 2024, Relawan Kowarteg Bagi-bagi Makanan di Kemayoran

BCA merupakan perusahaan swasta yang secara konsisten menunjukkan dukungannya terhadap industri esports melalui keterlibatannya dalam Piala Presiden Esports sejak 2019.

Senada dengan BCA, Samsung Indonesia juga tak pernah absen dalam gelaran Piala Presiden Esports sejak 2019.

Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Mochamad Ilham Indrawan, mengatakan bahwa keterlibatan yang dijalani secara konsisten ini menjadi bukti keseriusan Samsung Indonesia dalam mendukung dan memberikan kontribusi demi perkembangan ekosistem Esports Tanah Air.

"Kami bangga Galaxy A Series dapat terus mendukung Piala Presiden Esports 20224 selama 3 tahun berturut-turut sebagai platform bagi Generasi Awesome untuk mengembangkan diri dan prestasi gaming hingga ke tingkat internasional, ” ujar Ilham Indrawan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense