BREAKING NEWS
 

Targetkan 4 Emas di SEA Games 2023, Airlangga Motivasi Atlet Wushu RI

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Jumat, 24 Februari 2023 21:02 WIB
Ketua Umum PB WI Airlangga Hartarto (tengah belakang) mengunjungi persiapan Timnas Wushu Indonesia yang akan tampil di SEA Games 2023 Kamboja, di Gedung GBK Arena Senayan, Jakarta, Jumat (24/2). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) Airlangga Hartarto mengunjungi persiapan Timnas Wushu Indonesia yang akan tampil di SEA Games 2023 Kamboja, di Gedung GBK Arena Senayan, Jakarta, Jumat (24/2). Dalam kunjungan itu, Airlangga memberikan motivasi kepada Edgar Xavier Marvelo dkk agar bisa memenuhi target 4 medali emas pada pesta olahraga dua tahunan negara-negara Asia Tenggara tersebut yang akan berlangsung pada 5-12 Mei 2023.

"Tadi, sudah saya sampaikan kepada seluruh atlet wushu Indonesia, harus berkontribusi terhadap perolehan medali emas Indonesia untuk Kontingen Indonesia. Targetnya 4 medali emas di SEA Games 2023 Kamboja," kata Menko Perekonomian ini.

Menurut Airlangga, Timnas Wushu Indonesia yang dipersiapkan tampil di SEA Games 2023 Kamboja sangat sierius dalam menjalankan program latihan. "Terus jalankan program latihan dan jaga kesehatan. Jangan sampai cedera," pesan Ketua Umum Partai Golkar ini.

Baca juga : Soal Pengganti Amali, Airlangga: Kita Siapin

Airlangga juga menyebutkan, rencana Skuad Timnas Wushu Indonesia yang dipersiapkan menuju SEA Games 2023 Kamboja akan menjalani Training Camp (TC) di China. Tujuannya, untuk lebih meningkatkan prestasi agar mereka bisa memberikan yang terbaik saat tampil. 

Adsense

Wakil Ketua Umum I PB WI Bidang Pembinaan Prestasi Iwan Kwok menambahkan, Timnas Wushu Indonesia yang berkekuatan 8 atlet Taolu dan 6 atlet Sanda akan diupayakan lebih cepat bertolak ke China. "PB WI telah mengurus seluruh administrasi yang dibutuhkan. Mudah-mudahan mereka sudah bisa berangkat ke Tiongkok pada awal Maret 2023 dan langsung menjalani TC," ujarnya.

Selama di China, kata Iwan Kwok, Timnas Wushu Indonesia akan memanfaatkan waktu tersisa yang tinggal hanya 2 bulan sebelum SEA Games 2023 Kamboja untuk menjalani serangkaian ajang uji coba dengan atlet-atlet wushu China yang berkualitas. "Saat uji coba nanti, kita akan melihat sejauh mana perkembangan yang dialami saat menjalani latihan di Indonesia. Jadi, kita bisa memperbaiki jika ada kekurangannya dengan memanfaatkan waktu tersisa," jelasnya.

Baca juga : Si Merah Mulai Frustrasi Akut

Khusus bagi atlet Taolu, bisa lebih disempurnakan gerakannya. Sedangkan atlet Sanda bisa ditambah jam terbang sekaligus mengenal berbagai karakter lawan. “Jadi, kita bisa mengandalkan mereka untuk memperbesar peluang menambah perolehan medali emas bagi Kontingen Indonesia," tambahnya.

Prestasi wushu Indonesia di bawah kepemimpinan Airlangga mengalami kemajuan pesat. Pada SEA Games 2021 Vietnam, Timnas Wushu Indonesia menyumbangkan 3 medali emas, 9 perak, dan 3 perunggu. Medali emas Indonesia dipersembahkan Seraf Naro Siregar (Taolu Daoshu/Gunshu Putra), Alisya Mellynar (Taolu Taijiquan Putri), dan Junita Malau (Sanda 48kg Putri).

Bukan hanya sukses meningkatkan prestasi atlet senior, PB WI juga telah mencetak atlet-atlet junior berkualitas. Hal ini bisa dilihat dari hasil Kejuaraan Dunia Wushu Junior ke-8/2022 yang digelar di ICE Bumi Serpong Damai, Banten.

Baca juga : Tingkat Kesukaan Jadi Modal Airlangga Dongkrak Elektabilitas

Pada Kejuaraan Wushu Dunia Junior yang diikuti 60 negara itu, Pasukan Garuda Muda membuat kejutan dengan menempati peringkat ketiga dalam perolehan medali, dengan mengoleksi 10 medali emas, 2 perak, dan 5 perunggu. Sebelumnya pada Kejuaraan Dunia Wushu Junior ke-7/2018 Brasil, Indonesia hanya meraih 1 emas, 4 perak, dan 5 perunggu.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense