BREAKING NEWS
 

Dukung GP Indonesia, Kemenpora Tak Ingin Lampaui Wewenang Soal Mandalika Racing Team

Reporter & Editor :
SAIFUL BAHRI
Rabu, 28 Oktober 2020 13:30 WIB
Sirkuit Mandalika di NTB. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemenpora mendukung sepenuhnya penyelenggaraan MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat pada 2021. Namun tidak ingin melampaui kewenangan terkait persiapan ajang balap motor paling bergengsi di dunia itu.

Pernyataan tersebut dikeluarkan Kemenpora sebagai klarifikasi atas kabar rencana peluncuran tim MotoGP Indonesia, Mandalika Racing Team Indonesia, di kompleks Kemenpora pada 28 Oktober.

"Kemenpora harus menjelaskan lagi kepada masyarakat umum, bahwa leading sector persiapan dan penyelenggaraan MotoGP 2021 di Mandalika adalah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sehingga Kemenpora tidak ingin melampaui yang menjadi kewenangan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," demikian pernyataan tertulis Kemenpora, Rabu (28/10).

Baca juga : AP I Gandeng Kementerian ESDM Bangun Bandara Ramah Lingkungan

Mandalika Racing Team Indonesia bakal menjadi tim Indonesia yang bertarung di kejuaraan dunia MotoGP di kelas Moto2 tahun depan.

Adsense

Kemenpora menegaskan, sebagai penanggungjawab bidang keolahragaan mereka membuka kesempatan kepada masyarakat yang ingin berpartisipasi dan membentuk tim pebalap untuk MotoGP Mandalika.

"Namun demikian, sepenuhnya harus berkoordinasi dengan pihak IMI selaku induk organisasi cabang olahraga bermotor baik mobil maupun sepeda motor di Indonesia."

Baca juga : Demi Kenyamanan Tamu, ASTON Priority Simatupang Hotel Jalani Rapid Test

Yang memiliki kewenangan dan memberikan lisensi bagi penyelenggaraan MotoGP 2021 di Mandalika adalah Dorna Sports sebagai pemilik penuh semua hak komersial dan penyiaran event tersebut.

"Sebagaimana berlaku pada koordinasi dengan cabang-cabang olahraga lainnya, maka Kemenpora hanya melakukan koordinasi tidak dengan pribadi dan atau klub olahraganya melainkan dengan induk organisasi cabang olahraga. Sehingga dalam hal terkait dengan kesiapan pembalap ini adalah langsung dengan IMI," urai Kemenpora.

Penjelasan ini perlu disampaikan, karena beredar informasi di berbagai media, bahwa Kemenpora sudah menyetujui rencana penyelenggaraan jumpa pers oleh Mandalika Racing Team Indonesia pada tanggal 28 Oktober 2020 di gedung dan atau halaman Kemenpora. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense