Dark/Light Mode

GMKB Sorong Suhendra jadi KaBIN

Kamis, 17 Oktober 2019 14:17 WIB
Noman Silitonga (Foto: Istimewa)
Noman Silitonga (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tokoh-tokoh pemuda menginginkan Badan Intelijen Negara (BIN) kembali dipimpin sipil. Seperti saat Presiden Soekarno mengangkat Soebandrio pada 1959-1965.

"Sudah saatnya Kepala BIN dari sipil," ujar Noman Silitonga, Ketua Umum  DPP Generasi Muda Kasih Bangsa (GMKB), dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (17/10).

Baca juga : Parindra Dukung Suhendra Jadi Kepala BIN

Norman yakin, Presiden Jokowi sepakat dengan supremasi sipil. Sehingga tidak semua lembaga dipimpin figur polisi atau militer.

Noman kemudian membeberkan keunggulan komparatif dan kompetitif sosok sipil yang didukungnya, yaitu Suhendra. Dia yakni, Suhendra memiliki leadership atau jiwa kepemimpinan yang kuat, ahli di bidang intelijen, memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan tokoh-tokoh masyarakat, memahami kultur di banyak daerah atau provinsi, diterima semua kalangan, dan sangat mendalam memahami kebhinekaan. 

Baca juga : Kementan Dorong Sulteng jadi Pemasok Cabe Indonesia Timur

Dia pun yakin, di tangan orang sipil, kinerja BIN akan lebih oke lagi. "Kalau Papua mau beres, salah satu simpulnya adalah Kepala BIN dari sipil," tegasnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.